Program 2020: Jokowi Paparkan Manfaat Kartu Prakerja

Pada 2020, pemerintah akan membantu para anak muda dan pencari kerja untuk berganti pekerjaan dalam memilih jenis kursus yang diinginkan.
Yustinus Andri DP
Yustinus Andri DP - Bisnis.com 16 Agustus 2019  |  15:01 WIB
Program 2020: Jokowi Paparkan Manfaat Kartu Prakerja
Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) menyapa jurnalis usai Sidang Bersama DPD/DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta

Bisnis.com, JAKARTA — Pada 2020, pemerintah akan membantu para anak muda dan pencari kerja untuk berganti pekerjaan dalam memilih jenis kursus yang diinginkan.

Dalam pidato nota keuangan 2020 di hadapan Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Majelis Perwakilan Rakyat, Presiden Joko Widodo mengatakan, untuk meningkatkan akses keterampilan bagi anak- anak muda, para pencari kerja, dan mereka yang mau berganti pekerjaan, pemerintah pada 2020 akan menginisiasi program kartu prakerja.

“Mereka nantinya dapat memilih jenis kursus yang diinginkan, antara lain coding, data analytics, desain grafis, akuntansi, bahasa asing, barista, agrobisnis, hingga operator alat berat,” ujarnya, di Gedung DPR RI, Jumat (16/8/2019).

Langkah itu, selaras dengan ambisi pemerintah dalam kebijakan fiskal tahun 2020 yang akan memacu perkembangan SDM.

Pada tahun depan fokus Rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) diarahkan pada lima hal utama, yaitu: pertama, penguatan kualitas sumber daya manusia (SDM) untuk mewujudkan SDM yang sehat, cerdas, terampil, dan sejahtera.

Kedua, akselerasi pembangunan infrastruktur pendukung transformasi ekonomi. Ketiga, penguatan program perlindungan sosial untuk menjawab tantangan demografi dan antisipasi aging population. Keempat, penguatan kualitas desentralisasi fiskal untuk mendorong kemandirian daerah. Kelima, antisipasi ketidakpastian global.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ketenagakerjaan

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top