Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani Ungkap 4 Syarat agar Ekonomi Indonesia Tahan Banting

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap empat hal fundamental yang perlu diperbaiki secara berkelanjutan supaya ekonomi Indonesia tahan terhadap guncangan ekonomi global.
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi keynote speaker dalam The 14th  Gaikindo International Automotive Conference di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/7). /BISNIS.COM-Felix Jody Kinarwan
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi keynote speaker dalam The 14th Gaikindo International Automotive Conference di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/7). /BISNIS.COM-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap empat hal fundamental yang perlu diperbaiki secara berkelanjutan supaya ekonomi Indonesia tahan terhadap guncangan ekonomi global.

Empat hal ini mencakup produktivitas, tingkat kompetitif terkait dengan defisit neraca berjalan, pendalaman pasar keuangan, dan kebijakan struktural untuk memperbaiki investasi.

Dalam hal itu, bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, pemerintah membutuhkan beberapa fundamental yang tengah diperbaiki yaitu produktivitas, competitiveness terkait dengan current account deficit, financial deepening dan dari sisi kebijakan struktural untuk memperbaiki investasi.

"Bauran kebijakan tersebut diharapkan akan membuat Indonesia mempunyai daya lentur [resilience] dalam menghadapi gejolak global maupun perubahan di dalam negeri yang seringkali tidak bisa diprediksi [unpredictable] dan dinamis seperti misalnya krisis keuangan atau kebijakan di negara-negara maju," ungkapnya dikutip dari laman resmi Kemenkeu, Minggu (11/9/2019).

Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa pemerintah bekerja sama dengan para stakeholders terkait (misalnya Bank Indonesia/BI, Otoritas Jasa Keuangan/OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan/LPS) telah melakukan bauran kebijakan yang tepat dalam memperbaiki dan memperkuat fundamental ekonomi Indonesia antara lain melalui reformasi struktural dalam negeri.

Oleh karena itu, menkeu menekankan perlunya kemandirian ekonomi yang terutama bersumber dari dalam negeri agar Indonesia mampu bertahan apabila terjadi guncangan global.

"Indonesia memiliki modal yang menjanjikan misalnya dari sisi jumlah penduduk, potensi ekonomi yang besar, dan geografi yang luas dan kekayaan alamnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Achmad Aris
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper