Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sri Mulyani Ungkap 4 Syarat agar Ekonomi Indonesia Tahan Banting

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap empat hal fundamental yang perlu diperbaiki secara berkelanjutan supaya ekonomi Indonesia tahan terhadap guncangan ekonomi global.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 12 Agustus 2019  |  10:43 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi keynote speaker dalam The 14th Gaikindo International Automotive Conference di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/7). - BISNIS.COM/Felix Jody Kinarwan
Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi keynote speaker dalam The 14th Gaikindo International Automotive Conference di ICE BSD, Tangerang, Banten, Rabu (24/7). - BISNIS.COM/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkap empat hal fundamental yang perlu diperbaiki secara berkelanjutan supaya ekonomi Indonesia tahan terhadap guncangan ekonomi global.

Empat hal ini mencakup produktivitas, tingkat kompetitif terkait dengan defisit neraca berjalan, pendalaman pasar keuangan, dan kebijakan struktural untuk memperbaiki investasi.

Dalam hal itu, bekas Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menyebut, pemerintah membutuhkan beberapa fundamental yang tengah diperbaiki yaitu produktivitas, competitiveness terkait dengan current account deficit, financial deepening dan dari sisi kebijakan struktural untuk memperbaiki investasi.

"Bauran kebijakan tersebut diharapkan akan membuat Indonesia mempunyai daya lentur [resilience] dalam menghadapi gejolak global maupun perubahan di dalam negeri yang seringkali tidak bisa diprediksi [unpredictable] dan dinamis seperti misalnya krisis keuangan atau kebijakan di negara-negara maju," ungkapnya dikutip dari laman resmi Kemenkeu, Minggu (11/9/2019).

Sri Mulyani juga mengungkapkan bahwa pemerintah bekerja sama dengan para stakeholders terkait (misalnya Bank Indonesia/BI, Otoritas Jasa Keuangan/OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan/LPS) telah melakukan bauran kebijakan yang tepat dalam memperbaiki dan memperkuat fundamental ekonomi Indonesia antara lain melalui reformasi struktural dalam negeri.

Oleh karena itu, menkeu menekankan perlunya kemandirian ekonomi yang terutama bersumber dari dalam negeri agar Indonesia mampu bertahan apabila terjadi guncangan global.

"Indonesia memiliki modal yang menjanjikan misalnya dari sisi jumlah penduduk, potensi ekonomi yang besar, dan geografi yang luas dan kekayaan alamnya," jelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ekonomi indonesia
Editor : Achmad Aris
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top