Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hadir di Surabaya, Apple Developer Academy Dorong Ekonomi Digital

Lulusan fasilitas tersebut diharapkan dapat bersaing dan berkontribusi terhadap ekonomi digital nasional.
ilustrasi/Reuters
ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi realisasi pendirian Apple Developer Academy di Surabaya yang memiliki potensi pengembangan ekonomi digital.

Plt. Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono dalam keterangan resmi mengatakan Apple Developer Academy merupakan bentuk investasi Apple di dalam negeri untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Lulusan fasilitas tersebut diharapkan dapat bersaing dan berkontribusi terhadap ekonomi digital nasional.

“Tentunya, kami berharap hadirnya pusat inovasi yang dibangun oleh Apple ini mampu menghasilkan pengembangan yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri, sekaligus menciptakan produk yang bernilai tambah tinggi di tengah perkembangan era revolusi industri 4.0 di Indonesia,” ujarnya, Rabu (7/8/2019).

Sigit menambahkan pendirian fasilitas tersebut menjadikan Indonesia negara pertama di Asia yang memiliki Apple Developer Academy. Adapun, fasilitas di Surabaya merupakan fasilitas kedua setelah pendirian di Tanggerang. Secara global, Apple telah mendirikan fasilitas serupa di Brazil dan Italia.

Seperti diketahui, pendirian Apple Developer Academy di Tanggerang dan Surabaya merupakan bagian dari investasi Apple Indonesia dalam bidang pengembangan inovasi. Adapun, nilai investasi yang akan dikucurkan senilai US$44 juta hingga 2020.

Menurutnya, pendirian fasilitas tersebut dapat memacu kegiatan penelitian dan pengembangan di dalam negeri khususnya yang terkait dengan sektor industri. Hal ini sesuai impelementasi dari program prioritas yang ada di dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika Kemenperin Janu Suryanto berharap fasilitas tersebut dapat menantang, menginspirasi, kemampuan, dan ide dalam menggodok aplikasi pada peserta yang mengikuti program pelatihan.

Wakil Presiden Lingkungan, Kebijakan Publik dan Inisiatif Sosial Apple Lisa Jackson mengatakan kerja sama tersebut akan menimbulkan banyak kesempatan untuk para pengembang dan memajukan ekonomi aplikasi Indonesia yang sedang berkembang pesat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Andi M. Arief
Editor : Galih Kurniawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper