Produsen Listrik : Pemadaman Bukan Berasal dari Pembangkit Swasta

Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyatakan padamnya listrik yang terjadi di wilayah Jabodetabek bukan berasal dari pembangkit milik swasta. 
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 05 Agustus 2019  |  17:52 WIB
Produsen Listrik : Pemadaman Bukan Berasal dari Pembangkit Swasta
Karyawan beraktivitas di Unit Pembangkit (UP) Muara Karang, di Jakarta, Rabu (31/7/2019). - Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA Asosiasi Produsen Listrik Swasta Indonesia (APLSI) menyatakan padamnya listrik yang terjadi di wilayah Jabodetabek bukan berasal dari pembangkit milik swasta. 

Ketua Umum APLSI Arthur Simatupang mengatakan seluruh pembangkit milik produsen listrik swasta (independent power producer/IPP) di Pulau Jawa beroperasi seperti biasa sehingga pasokan listrik ke sistem distribusi dan transmisi PT PLN (Persero) tetap terjamin dengan baik. Selama ini, pasokan listrik di Jawa bagian barat berasal dari tiga pembangkit, yakni pembangkit di Suralaya, Cilegon, dan Muara Karang ditambah dari pembangkit di timur Jawa. 

“Jadi, kami klarifikasi bahwa penyebab pemadaman bukan dari pembangkit milik swasta,” katanya seperti dikutip dalam rilis, Senin (5/8/2019). 

Arthur mengatakan sebagai mitra strategis pemerintah, APLSI siap membantu PLN bila diperlukan untuk berpartisipasi dalam mendukung pemerintah memperbaiki sistem transmisi dan distribusi kelistrikan nasional. 

Menurut Arthur, dalam sistem transmisi dan distribusi kelistrikan nasional, ada dua hal yang perlu dicermati untuk memperkuat kehandalan, yaitu modernisasi sistem dan pemeliharaan. 

“Sistem transmisi tersebut perlu dijaga untuk menjamin investasi di kelistrikan. Sebagai mitra dari PLN, kita siap bekerjasama ikut meningkatkan keandalan sistem transmisi agar kejadian kemarin tidak terulang kembali," tambahnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, pembangkit listrik

Editor : Lucky Leonard

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top