Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Langkah Pemerintah dan PLN Wujudkan Rasio Elektrifikasi 99 Persen pada 2019

PT PLN (Persero) mengadakan penggalangan dana di dalam tubuh perseroan melalui gerakan One Man One Hope untuk merealisasikan target rasio elektrifikasi 99 persen pada 2019. 
Ni Putu Eka Wiratmini
Ni Putu Eka Wiratmini - Bisnis.com 01 Agustus 2019  |  14:48 WIB
Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (6/1/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin
Seorang anak belajar dengan menyalakan lilin sebagai alat bantu penerangan saat listrik padam, di Kota Gorontalo, Gorontalo, Minggu (6/1/2019). - ANTARA/Adiwinata Solihin

Bisnis.com, JAKARTA PT PLN (Persero) mengadakan penggalangan dana di dalam tubuh perseroan melalui gerakan One Man One Hope untuk merealisasikan target rasio elektrifikasi 99 persen pada 2019. 

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN I Made Suprateka mengatakan hingga saat ini, realisasi elektrifikasi di Indonesia sebesar 98,3 persen. Sejumlah daerah yang terisolasi untuk diakses cukup menyulitkan peningkatan rasio elektrifikasi tersebut. 

Nantinya, gerakan One Man One Hope, berupa penggalangan dana dari pegawai PLN, akan menjadi salah satu langkah untuk mendorong peningkatan rasio elektrifikasi tersebut. Adapun masing-masing pegawai memberikan sumbagan secara sukarela dengan dikumpulkan dalam satu rekening yang nantinya digunakan untuk mewujudkan infrastruktur kelistrikan di Indonesia. 

"Setelah 70 tahun Indonesia merdeka, ada daerah yang belum menikmati penerangan PLN. Semogran gerakan yang diinisiasi pegawai PLN ini menjadi suatu role model masyarakat Indonesia," katanya saat acara sosialisasi One Man One Hope di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Selain itu, Kementerian ESDM menarget realisasi kegiatan lampu surya hemat energi (LTSHE) 2019 sebanyak 100.546 unit di 22 provinsi untuk memberikan penerangan ke pelosok negeri. Kegiatan yang menghabiskan dana senilai Rp321 miliar tersebut baru terealisasi sebesar 1,86 persen atau sebanyak 1.873 unit hingga pencatatan 10 Juli 2019. 

Sementara itu, pemerintah juga tengah mengejar realisasi kegiatan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) 2019. Kegiatan tersebut terbagi atas dua kelompok berdasarkan wilayah. 

Kelompok pertama dengan target 5.950 unit PJU-TS sudah terealisasi sebanyak 1.277 unit. Kelompok kedua dengan target 16.600 unit baru terealisasi 2.472 unit. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

PLN elektrifikasi
Editor : Lucky Leonard
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top