Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Peduli Lingkungan, Green Sukuk Diminati Generasi Milenial

United Nations Development Programme (UNDP) melihat milenial memiliki minat dan kepedulian yang tinggi atas instrumen investasi yang sejalan dengan keberlangsungan lingkungan.
Muhamad Wildan
Muhamad Wildan - Bisnis.com 25 Juli 2019  |  12:59 WIB
 Ilustrasi Sukuk Negara Ritel. - JIBI/Nurul Hidayat
Ilustrasi Sukuk Negara Ritel. - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA–United Nations Development Programme (UNDP) melihat generasi milenial punya minat dan kepedulian yang tinggi atas instrumen investasi yang sejalan dengan keberlangsungan lingkungan.

Seperti diketahui, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggandeng UNDP dalam rangka mengembangkan studi atas green sukuk ritel.

Dengan adanya green sukuk ritel, kedepannya individu-individu dapat berpartisipasi layaknya surat berharga negara (SBN) lain yang diterbitkan oleh pemerintah yaitu saving bond ritel (SBR) dan sukuk tabungan (ST) yang beberapa kali diterbitkan oleh pemerintah.

"Pemerintah sudah sering menerbitkan sukuk ritel dan beberapa kali hasilnya bagus dan kita lihat komitmen pemerintah kuat untuk green policy," ujar National Project Manager UNDP Indonesia Muhammad Didi Hardiana, Kamis (25/7/2019).

Didi mengatakan pihaknya saat ini sedang mengkaji proyek-proyek yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka memitigasi perubahan iklim.

"Kita coba bantu seleksi dan identifikasi mana yang kira-kira mempunyai dampak yang paling besar untuk Indonesia dan masyarakat," katanya.

Green sukuk ritel kedepannya perlu diarahkan kepada proyek-proyek yang memiliki dampak lingkungan sesuai dengan rencana aksi yang telah dicanangkan.

Penggunaannya pun kedepannya bakal berbeda dibandingkan dengan sukuk ritel yang selama ini sudah sering diterbitkan yang dialokasikan untuk pembangunan yang tidak berskala besar seperti pembangunan sekolah dan lain sebagainya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sukuk
Editor : Akhirul Anwar
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top