Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Peduli Lingkungan, Green Sukuk Diminati Generasi Milenial

United Nations Development Programme (UNDP) melihat milenial memiliki minat dan kepedulian yang tinggi atas instrumen investasi yang sejalan dengan keberlangsungan lingkungan.
 Ilustrasi Sukuk Negara Ritel./JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi Sukuk Negara Ritel./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA–United Nations Development Programme (UNDP) melihat generasi milenial punya minat dan kepedulian yang tinggi atas instrumen investasi yang sejalan dengan keberlangsungan lingkungan.

Seperti diketahui, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menggandeng UNDP dalam rangka mengembangkan studi atas green sukuk ritel.

Dengan adanya green sukuk ritel, kedepannya individu-individu dapat berpartisipasi layaknya surat berharga negara (SBN) lain yang diterbitkan oleh pemerintah yaitu saving bond ritel (SBR) dan sukuk tabungan (ST) yang beberapa kali diterbitkan oleh pemerintah.

"Pemerintah sudah sering menerbitkan sukuk ritel dan beberapa kali hasilnya bagus dan kita lihat komitmen pemerintah kuat untuk green policy," ujar National Project Manager UNDP Indonesia Muhammad Didi Hardiana, Kamis (25/7/2019).

Didi mengatakan pihaknya saat ini sedang mengkaji proyek-proyek yang sudah dicanangkan oleh pemerintah dalam rangka memitigasi perubahan iklim.

"Kita coba bantu seleksi dan identifikasi mana yang kira-kira mempunyai dampak yang paling besar untuk Indonesia dan masyarakat," katanya.

Green sukuk ritel kedepannya perlu diarahkan kepada proyek-proyek yang memiliki dampak lingkungan sesuai dengan rencana aksi yang telah dicanangkan.

Penggunaannya pun kedepannya bakal berbeda dibandingkan dengan sukuk ritel yang selama ini sudah sering diterbitkan yang dialokasikan untuk pembangunan yang tidak berskala besar seperti pembangunan sekolah dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Wildan
Editor : Akhirul Anwar

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper