Penutupan Pulau Komodo: Kunjungan Turis ke NTT Bisa Anjlok 10%

Pelaku usaha wisata menilai penutupan destinasi Pulau Komodo akan berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar 10%. 
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  17:39 WIB
Penutupan Pulau Komodo: Kunjungan Turis ke NTT Bisa Anjlok 10%
Taman Nasional Komodo - www.australiangeographic.com.au

Bisnis.com, JAKARTA — Pelaku usaha wisata menilai penutupan destinasi Pulau Komodo akan berdampak pada penurunan kunjungan wisatawan ke Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar 10%. 

Tahun lalu, kunjungan wisatawan ke NTT Sekitar 1,5 juta kunjungan baik mancanegara maupun domestik. 

Ketua Asita NTT Abed Frans mengatakan kontribusi kunjungan wisatawan ke destinasi di Kabupaten Manggarai Barat memiliki porsi kontribusi sebesar 20% hingga 30% dari total kunjungan wisatawan di Nusa Tenggara Timur. 

"Dengan penutupan Pulau Komodo saya kira akan berdampak pada penurunan wisman dan wisnus sekitar 10%," ujarnya kepada Bisnis.com, Kamis (18/7/2019).  

Jumlah wisatawan ke Pulau Komodo sepanjang tahun lalu mencapai 170.000 kunjungan dimana 60% merupakan wisatawan mancanegara. Lalu, kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo yang juga terletak di Manggarai Barat pada tahun lalu mencapai 164.000 kunjungan. 

"Jadi Manggarai Barat ini ada 2 destinasi, Labuan Bajo dan Pulau Komodo. Memang Pulau Komodo ini menarik wisatawan datang tapi kami meyakini kalau destinasi ini ditutup sementara, mereka juga ke destinasi lainnya," tuturnya. 

 Abed berharap dengan penutupan Pulau Komodo ini bisa menjadi lebih baik lagi dari saat ini.

"Harapannya tentu sama seperti semua pelaku wisata lainnya, yaitu ke depannya Pulau Komodo dapat lebih baik lagi dalam menampung dan melayani wisatawan dengan segala fisilitas yang semakin baik, serta habitat komodo yang terus terpelihara dengan lebih baik lagi," tuturnya.

Destinasi Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) akan dilakukan penutupan pada awal 2020. 

Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur (NTT) Wayan Darmawa menyatakan penutupan Pulau Komodo yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) sudah pasti akan dilakukan pada awal 2020.

"Soal penutupan Pulau Komodo, itu sudah pasti. Tahun depan kami sudah putuskan akan menutup Pulau Komodo," ujarnya seperti yang dikutip Antara. 

Dalam kunjungan kerja beberapa hari lalu, Presiden Joko Widodo sendiri sudah setuju dengan penutupan tersebut. Presiden Jokowi juga mengatakan ada pembatasan kunjungan wisatawan ke Pulau Komodo karena kawasan itu adalah kawasan konservasi.

Adapun, penutupan Pulau Komodo akan dilakukan selama satu tahun dengan tujuan memulihkan dan melakukan konservasi terhadap Taman Nasional Komodo. 

"Kalau ada wisatawan yang ingin melihat komodo bisa melihat di Pulau Rinca yang lokasinya masih berada di kawasan Taman Nasional Komodo," kata Wayan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pariwisata

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top