Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Kemenaker Gandeng Quantum Job

Guna mengatasi masalah mismatch atau ketidaksesuaian antara keterampilan pekerja dan kebutuhan dunia Industri, Kementerian Ketenagakerjaan menjalin kesepakatan bersama dengan PT Quantum Job.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 06 Juli 2019  |  22:25 WIB
Tingkatkan Kompetensi Tenaga Kerja, Kemenaker Gandeng Quantum Job
Ilustrasi-Penutupan pelatihan pariwisata kapal pesiar di BLK Internasional Lombok Timur - ntbprov.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Guna mengatasi masalah mismatch atau ketidaksesuaian antara keterampilan pekerja dan kebutuhan dunia Industri, Kementerian Ketenagakerjaan menjalin kesepakatan bersama dengan PT Quantum Job. 

Kesepakatan bersama ini bertujuan meningkatkan kompetensi pekerja yang akan berkerja di perhotelan maupun kapal pesiar melalui penyelenggaraan pelatihan di Balai Latihan Kerja Lombok Timur.

Direktur Jenderal Binalattas Kemenaker Bambang Satrio Lelono mengatakan Balai latihan Kerja Lombok Timur akan difokuskan pada bidang pariwisata.

Dengan kerja sama ini, Bambang berharap kualitas pelatihan akan menjadi lebih baik lagi, makin sesuai dengan kebutuhan yang diminta oleh industri perhotelan dan kapal pesiar.

Selain itu, lanjutnya, melalui kerjasama ini lulusan peserta pelatihan akan ditempatkan di perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja terampil sesuai standar yang diminta.

Dengan begitu diharapkan penyerapan tenaga kerja terampil akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat secara umum.

“Pelatihan ini terbuka bagi masyarakat secara luas, tidak terbatas masyarakat di Lombok Timur saja. Tidak dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Setelah selesai pelatihan mereka akan mengikuti magang dan akan diuji kompetensi serta mendapat sertifikat kompetensi,” kata Bambang dalam siaran pers, Sabtu (6/7/2019).

Sertifikasi kompetensi dilakukan oleh lembaga independen, setelah lulus mereka akan mendapat sertifikat pelatihan, sertifikat magang dari tempat kerja dan sertifikat profesi yang berlaku di seluruh Asean.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
balai latihan kerja, Kemenaker

Editor : Saeno
KOMENTAR


Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top