Wakil Ketua PPATK dapat Mandat jadi Regional Representatives the Egmont Group Asia Pasifik

Dian Ediana Rae bertugas mengoptimalkan komitmen kerja sama lembaga intelijen keuangan di Asia Pasifik.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 05 Juli 2019  |  10:51 WIB
Wakil Ketua PPATK dapat Mandat jadi Regional Representatives the Egmont Group Asia Pasifik
Dian Ediana Rae. - Antara/Yudhi Mahatma

Bisnis.com, JAKARTA -- Wakil Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Dian Ediana Rae dipilih sebagai Regional Representatives the Egmont Group untuk kawasan Asia Pasifik.

Dian terpilih dalam sebuah konsensus yang dilakukan oleh 27 yurisdiksi. Sebagai Regional Representatives (RR) baru, dia akan mengoptimalkan komitmen kerja sama lembaga intelijen keuangan (Financial Intelligence Units/FIU) di kawasan Asia Pasifik selama 2 tahun ke depan dalam mencegah serta memberantas tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana pendanaan terorisme di kawasan tersebut.
 
Adapun pemilihan RR menjadi salah satu rangkaian acara dalam kegiatan the 26th Egmont Group Plenary Meeting yang diselenggarakan di The Hague, Belanda.
 
The Egmont Group merupakan suatu organisasi internasional yang menghimpun FIU di seluruh dunia. Terpilihnya Indonesia yang diwakili oleh Wakil Kepala PPATK sebagai RR di kawasan Asia Pasifik makin menunjukkan peran aktif Indonesia dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam menegakkan komitmen Anti Pencucian Uang dan Pencegahan Pendanaan Terorisme (APUPPT). 
 
"Posisi strategis RR ini juga secara mutatis mutandis menjadi bagian dari keanggotaan Egmont Group Committee (EC) yang memiliki fungsi untuk mengoordinasikan urusan internal hingga urusan terkait forum internasional lainnya, dan juga mengawasi pelaksanaan tugas-tugas Egmont Group Secretariat," papar Dian kepada Bisnis, Jumat (5/7/2019).

Di bawah posisi baru ini, dia bertugas menyuarakan kebijakan the Egmont Group kepada Regional Group kawasan Asia Pasifik, sekaligus mengomunikasikan dan merepresentasikan pandangan dan kepentingan Regional Group kawasan Asia Pasifik kepada the Egmont Group dalam proses diskusi dan penetapan kebijakan. 
 
Dian juga akan bertugas secara proaktif memantau perkembangan isu terkait APU/PPT seperti pendekatan baru kerja sama di bidang publik-publik (public-public cooperation) dan perkara teknis lainnya seperti keanggotaan di Regional Group di kawasan Asia Pasifik, di mana masih terdapat 16 calon FIU di kawasan yang akan bergabung di Egmont Group.

Peran sebagai RR dan anggota Egmont Committee dinilai akan membantu peningkatan persepsi positif Indonesia sebagai negara yang menjaga integritas sistem keuangan dan perekonomian secara konsisten.  Pada Januari 2019, Indonesia juga menjadi tuan rumah the Egmont Group Meetings yang ketika itu digelar di Jakarta.
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ppatk, pencucian uang

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top