Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

3 Juta Kendaraan Melintas di Tol Tangerang-Merak Selama Lebaran

Astra Tol Tangerang-Merak mencapai rekor tertinggi dengan volume kendaraan yang melintas 3.022.915 selama Lebaran tahun ini.
Ilustrasi - Antrean di gerbang Tol Tangerang-Merak/Bisnis-Istimewa
Ilustrasi - Antrean di gerbang Tol Tangerang-Merak/Bisnis-Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Astra Tol Tangerang-Merak mencapai rekor tertinggi dengan volume kendaraan yang melintas 3.022.915 selama Lebaran tahun ini. Angka itu naik 2,4% dibandingkan dengan volume kendaraan pada Idulfitri tahun lalu.

Kepala Divisi Operasional PT Marga Mandalasakti, operator jalan tol Tangerang-Merak, Haryanto Akbar dalam siaran pers, Kamis (27/6/2019), mengatakan bahwa puncak arus mudik terjadi pada H-7 atau 29 Mei dengan total lalu lintas mencapai 172.768 kendaraan.

Angka ini 18,54% di atas lalu lintas harian rata-rata (LHR) 145.749 kendaraan. Adapun, puncak arus balik terjadi pada H+9 atau 15 Juni 2019 dengan jumlah kendaraan 159.672 unit.

Pada hari pertama dan kedua Lebaran, arus kendaraan juga meningkat nyaris 7% menjadi 125.590 bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. Kendaraan terlihat ramai ke arah destinasi wisata, yakni Gerbang Serang Timur, Serang Barat, dan Cilegon Timur.

Astra Tol Tangerang-Merak menambah dua lajur transaksi di Gerbang Tol Serang Timur dan Merak. Astra Tol Tangerang-Merak juga memaksimalkan operasional 95 gardu regular pada 10 gerbang tol.

“Penambahan dua lajur transaksi kami rasakan sangat efekif. Meskipun kondisi trafik dalam keadaan peak hour, tidak sampai terjadi antrean panjang di Gerbang Tol Serang Timur,” kata Haryanto.

Pengoptimalan tempat istirahat dan pelayanan (TIP) dilakukan dengan menyediakan layanan posko kesehatan 24 jam di km 68 arah Merak dan Jakarta serta gerbang tol Merak selama 29 Mei hingga 13 Juni 2019 (H-7 s.d H+7). 

Selama arus mudik dan Lebaran 2019, Astra Tol Tangerang-Merak mencatat penurunan jumlah kunjungan pasien hingga 68% menjadi 388 pengunjung dibandingkan dengan periode sama tahun lalu. Adapun dari sisi kepuasan pelanggan terhadap layanan pos kesehatan, nilai indeks 4,8 dari skala 5,0.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper