Kemenhub : Aplikator Taksi Online Jangan Tambah Mitra Pengemudi

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta agar para aplikator taksi online tidak menambah jumlah mitranya guna menjaga kuota di masing-masing daerah.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 26 Juni 2019  |  19:48 WIB
Kemenhub : Aplikator Taksi Online Jangan Tambah Mitra Pengemudi
Ilustrasi - Pengemudi taksi daring mengantarkan penumpang di kawasan Lenteng Agung, Jakarta, Kamis (15/11/2018). - ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) meminta agar para aplikator taksi online tidak menambah jumlah mitranya guna menjaga kuota di masing-masing daerah.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat,Kemenhub, Budi Setiyadi menuturkan, kuota taksi online atau angkutan sewa khusus (ASK) sesuai dengan regulasi yang sudah dibuat. Dengan begitu, bagi pengemudi yang sudah terdaftar menjadi kuota awal.


"Jadi harapan saya bahwa yang sudah ada itu semacam ekosistem yang bagus, yang sudah ada berarti mereka sudah merasa nyaman, tapi dengan catatan jangan menerima pendaftaran baru lagi sebelum juga cukup banyak juga ada yang putus, banyak juga yang di-suspend, keluar," ujarnya di Kemenhub, Selasa (25/6/2019).

Dengan demikian, pasti terjadi pengurangan jumlah pengemudi tetapi dia minta agar tidak ada penambahan terlebih dahulu.

Dia mengatakan, tidak adanya penambahan tersebut sudah merupakan komitmen dari para aplikator bersama pemerintah ketika dikumpulkan.

Budi Setiyadi menjelaskan, para aplikator pun melihat pendapatan pengemudi sebagai indikator. Ketika pendapatan mulai menurun artinya sudah tidak boleh ada penambahan pengemudi.

"Karena kuota ini masih cukup, yang Jakarta sendiri kan 36.000, kemarin sudah mulai pendaftaran sekitar 18.000, jadi masih cukup banyak. Nah kami harapkan kuota yang ada dipenuhi saja dulu," tuturnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, kemitraan dan pengemudi, taksi online

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top