Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jembatan Mesuji Ambrol, Jalur Lintas Tengah Sumatra Masih Normal

Untuk mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas, jalur alternatif yaitu jalan cor beton di Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat difungsikan, mengingat banyak kendaraan bertonase besar dari Pulau Jawa yang melintas menuju Provinsi Sumsel.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Juni 2019  |  11:35 WIB
Jembatan di Mesuji yang ambrol - Antara
Jembatan di Mesuji yang ambrol - Antara

Bisnis.com, BATURAJA--Arus lalu lintas di Jalan Lintas Tengah Sumatra wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatra Selatan masih normal menyusul jembatan di Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung ambrol beberapa waktu lalu, dan belum terjadi kemacetan kendaraan khususnya bertonase besar di jalur tersebut.

"Arus lalu lintas hingga kemarin masih normal meskipun kendaraan roda dua dan empat dialihkan lewat Jalan Lintas Tengah Sumatera di Kabupaten OKU akibat jembatan di Mesuji yang menjadi penghubung Provinsi Sumsel-Lampung ambrol," kata Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari diwakili Kasat Lantas AKP Adik Lestyono, di Baturaja, Rabu (19/6/219).

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas, pihaknya memfungsikan jalur alternatif yaitu jalan cor beton di Kelurahan Batu Kuning, Kecamatan Baturaja Barat, mengingat banyak kendaraan bertonase besar dari Pulau Jawa yang melintas menuju Provinsi Sumsel.

"Jalur alternatif ini hanya bisa dilewati kendaraan bertonase sembilan ton. Lebih dari muatan tonase tersebut dilarang lewat karena dikhawatirkan merusak jalan," katanya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan persiapan dengan menyiagakan personel di setiap pos penjagaan di wilayah setempat untuk memantau arus kendaraan bertonase besar yang padat melintas agar mengantisipasi kemacetan di jalan raya.

Anggota Satlantas yang disiagakan tersebut, lanjut dia, bertugas memonitoring dan saling memberikan info kepada regu siaga untuk melakukan pembagian arus jika terjadi lonjakan kendaraan yang melintas di jalur jalan Kabupaten OKU.

"Setiap dua jam sekali anggota kami akan melakukan patroli di jalur lintas untuk memonitoring dan memberikan info agar bersiaga melakukan pembagian arus," ujarnya.

Satu buah truk besar terpaksa berhenti menggantung di jembatan jalur Jalan Lintas Timur Sumatera wilayah Kabupaten Mesuji, Lampung akibat bagian tengah jembatan ambrol, sehingga arus lalu lintas tersendat dan sebagian dialihkan ke Jalan Lintas Tengah Sumatera dari Lampung ke Sumsel dan sebaliknya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jembatan putus lintas sumatra

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top