Soal Pengalihan Rute, PT BIJB Klaim Sudah Penuhi Permintaan Maskapai

PT BIJB memastikan bahwa Bandara Kertajati, Majalengka, sudah siap menerima limpahan rute penerbangan luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.
Wisnu Wage Pamungkas
Wisnu Wage Pamungkas - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  11:06 WIB
Soal Pengalihan Rute, PT BIJB Klaim Sudah Penuhi Permintaan Maskapai
Ilustrasi - Pekerja membersihkan ruang pengambilan bagasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, BANDUNG - PT Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) memastikan bahwa Bandara Kertajati, Majalengka, sudah siap menerima limpahan rute penerbangan luar Jawa dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Direktur PT BIJB Muhamad Singgih mengatakan, salah satu permintaan dari maskapai pada PT BIJB terkait dengan urusan kantor perwakilan maskapai dan kesiapan antarmoda sudah dituntaskan pihaknya. “Itu sudah selesai, untuk ruang-ruangnya sudah selesai,” katanya dihubungi via sambungan telepon, Selasa (18/6/2019).

Menurutnya, pada 12 Juni 2019, Dirjen Perhubungan Udara dan perwakilan maskapai serta PT Angkasa Pura II (Persero) sudah datang mengecek kesiapan bandara seluas 1.800 hektare tersebut. “Mereka melakukan cek kondisi terakhir,” ujarnya.

Selain ruangan, urusan antarmoda pihaknya mengaku sudah mengumpulkan operator multimuda. Para perusahaan angkutan ini, menurutnya, sudah siap melayani pengantaran dan penjemputan dari sejumlah titik. “Bahkan sudah ada yang menyiapkan semacam diskon untuk penumpang,” katanya.

Singgih menghitung setidaknya ada 20 armada yang siap mengangkut calon penumpang pesawat terbang dari Karawang, Cikarang, Bandung, Kuningan ke Kertajati. “Masing-masing dilayani shuttle. Untuk Grab juga sudah siap. Critical di multimoda sudah tetangani dengan baik,” paparnya.

Pihaknya memastikan hampir seluruh maskapai siap memindahkan rute penerbangan dari mulai Lion Air, Garuda hingga Air asia. Menurutnya dalam rapat terakhir seluruh pihak termasuk Airnav menyatakan sudah siap melayani penerbangan penuh dari Kertajati.

Pada hari ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Soemadi pun melakukan pemeriksaan langsung kesiapan pemindahan rute dari Husein ke Kertajati. Menteri dan rombongan berangkat dari Jakarta langsung ke Kertajati.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Kemenhub, maskapai penerbangan, bandara kertajati

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup