Premium Renewable Energy, Komitmen Energi Bersih

Konsep green industry banyak dijalankan oleh pelaku bisnis dan industri sebagai bentuk kepedulian terhadap kelesta­rian lingkungan.
MediaDigital
MediaDigital - Bisnis.com 18 Juni 2019  |  06:06 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Konsep green industry banyak dijalankan oleh pelaku bisnis dan industri sebagai bentuk kepedulian terhadap kelesta­rian lingkungan, salah satunya melalui penggunaan sumber daya terbarukan berkelanjutan.

Pemerintah juga sedang menyiapkan regulasi mengenai green industry dan saat ini dalam proses pematangan. PLN sebagai penyedia dan penyalur energi listrik turut mendukung program tersebut dengan meluncurkan program Premium Renewable Energy.

Terdapat 3 jenis layanan Premium Renewable Energy yaitu Blue, Green, dan Crystal dengan spesifikasi produk dan harga masing-masing. Pembeda dari ketiga jenis layanan tersebut antara lain sumber pembangkit terbarukan, hak atas carbon credit Renewable ­Energy, dan jumlah kunjungan ke pembangkit yang memasok.

Saat ini, PLN telah memiliki sejumlah pembangkit dari energi terbarukan diantaranya Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), Pem­bangkit Lis­trik Tenaga Minihidro (PLTM), Pem­bangkit Listrik Tenaga Bioma­ssa (PLTBm), dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa). Diantara pem­bangkit listrik terbarukan tersebut, porsi terbesar yaitu PLTA sebesar 61%.

PLN bisa menerbitkan sertifikat hijau atau carbon credit atas  pemakaian lis­trik dari sumber energi terbarukan kepada pelanggan yang menjadi pelanggan Premium Renewable Energy untuk kategori Green dan Crystal,” ungkap Ikhsan Asaad, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya.

PLN juga menawarkan peluang baik bagi masyarakat, ataupun industri yang berkiprah di bidang energi terbarukan, untuk bekerjasama dengan PLN dalam hal pengembangan Renewable Energy.

Mekanisme pendaftaran bagi pelanggan yang ingin berkomitmen menuju green industry dengan menggunakan green energy cukup mudah. Pelanggan PLN cukup mengajukan surat permohonan layanan khusus Renewable Energy ke kantor PLN terdekat. Selanjutnya PLN akan melakukan verifikasi dan survey lebih lanjut sesuai jenis layanan yang diminta. PLN juga akan menerbitkan laporan secara reguler terkait pemakaian Renewable Energy kepada pelanggan.

Renewable Energy ini adalah komitmen PLN untuk ikut turut serta menjaga kelestarian dan keseimbangan ekosistem. Terutama bagi masyarakat yang berada di kota besar seperti Jakarta dengan tingkat kualitas udara yang kurang baik,” tambah Ikhsan.

Komitmen PLN terhadap pelestarian lingkungan hidup juga diwujudkan dalam produk Power Bank PLN sebagai alternatif sumber energi listrik pada masa kontruksi maupun kebutuhan listrik untuk event besar di luar ruang.

“Power Bank PLN ramah lingkung­an, tanpa polusi udara karena tidak ada asap, dan tanpa polusi suara, jadi tidak bising,” ujar Ikhsan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
PLN, energi terbarukan

Editor : MediaDigital

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top