Lantik 499 Pejabat Kemenkeu, Sri Mulyani : Mengelola Uang Negara Tidak Ringan

Pejabat Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang menempati posisi dan jabatan baru diminta memahami bahwa tugas sebagai pengelola keuangan negara tidaklah ringan.
Edi Suwiknyo | 14 Juni 2019 11:52 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan keterangan pers mengenai Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) 2019 di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (24/5/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melantik 499 orang pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Aula Dhanapala, Kemenkeu, Jumat (14/6/2019). 

Sri Mulyani menyampaikan pelantikan bersama dari beberapa unit eselon I Kemenkeu tersebut merupakan simbol bahwa seluruh unit di kementerian ini merupakan bagian tak terpisahkan yang memiliki peran penting dalam mengelola keuangan negara. Dia juga berpesan supaya pejabat yang menempati posisi dan jabatan baru memahami bahwa tugas sebagai pengelola keuangan negara tidak ringan.
 
"Dunia menghadapi situasi yang beruba, ekonomi bergerak, ketegangan antar negara terjadi. Oleh karena itu, sebagai pengelola keuangan negara,kita tidak boleh lengah," ujar Sri Mulyani dalam keterangan resmi, Jumat (14/6).
 
Pejabat Kemenkeu dituntut mampu menghadapi situasi yang berubah, bekerja profesional, dan mampu berinovasi. 
 
Adapun pelantikan pejabat merupakan bagian dari manajemen kepegawaian yang diharapkan dapat membawa penyegaran bagi organisasi.
 
Proses promosi dan mutasi jabatan di Kemenkeu disebut telah mengimplementasikan manajemen talenta yang berpedoman pada sistem merit. Pejabat yang dilantik telah melewati berbagai proses seleksi berdasarkan kualifikasi, kompetensi, kinerja, rekam jejak, dan integritas. 

Pejabat yang dilantik terdiri atas 22 orang pejabat Eselon II dan 477 orang pejabat Eselon III. Dari 22 orang pejabat Eselon II yang dilantik, terdapat 5 pejabat yang berasal dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP), 2 pejabat dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), 14 pejabat dari Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), dan satu pejabat dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR). 

Sementara itu, dari 477 orang pejabat Eselon III yang dilantik terdapat 4 pejabat yang berasal dari Sekretariat Jenderal (Setjen), 16 pejabat dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA), 151 pejabat dari DJP, 42 pejabat dari DJBC, 142 pejabat dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB), 108 pejabat dari DJKN, serta 14 pejabat DJPPR.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenkeu

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top