Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah Tenaga Kerja Baru AS di Bawah Ekspektasi Pasar

Jumlah tenaga kerja baru di Amerika Serikat pada Mei 2019 masih jauh di bawah ekspektasi pasar, atau hanya bertambah 75.000 tenaga kerja baru.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 07 Juni 2019  |  20:42 WIB
Bendera Amerika Serikat - WallpaperCave
Bendera Amerika Serikat - WallpaperCave

Bisnis.com, JAKARTA --Jumlah tenaga kerja baru di Amerika Serikat pada Mei 2019 masih jauh di bawah ekspektasi pasar, atau hanya bertambah 75.000 tenaga kerja baru.

Sebelumya para ekonom yang disurvei oleh Dow Jones perkirakan untuk penambahan 180.000 pekerja pada Mei 2019. Namun, Departemen Tenaga Kerja AS menyampaikan pada Jumat (7/6/2019), jumlah tenaga kerja baru hanya bertambah 75.000.

Tim analis Monex Investindo Futures menuliskan dalam laporan, Jumat (7/6/2019), capaian ini adalah yang terendah kedua dalam empat bulan dimana jumlah tenaga kerja naik kurang dari 100.000 karena pasar tenaga kerja masih menunjukkan sinyal pelemahan.

Selain itu yang menjadi pemicu penurunan jumlah tenaga kerja di bulan Mei adalah laporan dua bulan sebelumnya yang menunjukkan revisi penurunan yang substansial.

Secara umum, laporan AS tersebut menjadi titik hitam lainnya di tengah kekhawatiran perlambatan ekonomi yang lebih besar.

Sementara itu untuk tingkat pengangguran masih di level 3,6%, sesuai dengan perkiraan dan level terendah sejak Desember 1969. Ukuran yang lebih luas yang mencakup pekerja yang putus asa dan setengah menganggur yang bekerja paruh waktu untuk alasan ekonomi, yang kadang disebut tingkat pengangguran riil, turun lebih lanjut, dari 7,3% menjadi 7,1%, ini adalah pembacaan terendah sejak Desember 2000.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat data tenaga kerja as
Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top