BPKN Imbau Masyarakat Waspada Transaksi Barang dan Jasa Jelang Lebaran

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dalam melakukan transaksi barang dan jasa untuk persiapan menyambut Lebaran.
David Eka Issetiabudi
David Eka Issetiabudi - Bisnis.com 25 Mei 2019  |  18:49 WIB
BPKN Imbau Masyarakat Waspada Transaksi Barang dan Jasa Jelang Lebaran
Sejumlah penumpang melambaikan tangan dari balik jendela KM Jelatik Ekspres yang hendak berangkat di Pelabuhan Sei Duku Pekanbaru, Riau, Kamis (23/5/2019). - ANTARA/Rony Muharrman

Bisnis.com, JAKARTA—Badan Perlindungan Konsumen Nasional, BPKN, mengimbau masyarakat agar selalu waspada dalam melakukan transaksi barang dan jasa menyambut Lebaran.

Konsumen diminta untuk  teliti sebelum membeli, membaca informasi label, hingga melihat aspek keselamatan, keamanan dan kenyamanan.

Ardiansyah, Ketua BPKN, mengatakan menjelang Lebaran masyarakat sebagai konsumen diharapkan memiliki perencanaan yang matang dalam membeli suatu barang atau jasa yang dibutuhkan.

"Kita perlu waspada, termasuk dalam membeli, menerima dan memanfaatkan barang dan jasa," kata Ardiansyah, dalam keterangan pers, Sabtu (25/5/2019).

Masyarakat, lanjut Ardiansyah, sebaiknya memperhatikan beberapa hal sebelum melakukan transaksi barang dan saja. Mulai dari mewaspadai produk kadaluarsa.

Konsumen diminta teliti sebelum membeli barang maupun jasa, terutama dengan membaca label dan juga masa kadaluarsa suatu produk.

Selanjutnya, masyarakat diminta arif melihat diskon yang ditawarkan. Fenomena diskon dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan, harga diskon yang menggiurkan, perlu dicermati lebih serius oleh konsumen

"Pelaku usaha juga harus jujur dalam menawarkan serta mengiklankan atau memberikan pernyataan perihal produk, dan dilarang memberikan pernyataan menyesatkan terkait kebijakan potongan harga maupun pemberian hadiah," katanya.

Ardiansyah juga mengimbau para pemudik yang ingin merayakan lebaran di kampung halamannya. Bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dengan berkendara dan menggunakan transportasi baik darat, laut, dan udara, diharapkan mengutamakan keselamatan.

"Kita jadikan Ramadan yang suci ini, bukan hanya sebagai bulan untuk saling berlomba dalam kebaikan dan kebajikan, tak lupa mengingatkan diri kita agar selalu teliti dalam membeli produk baik itu barang maupun jasa,” ujar Ardiansyah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
perlindungan konsumen, lebaran

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top