Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Terus Meningkat, Palembang Benahi Pengelolaan Sampah

Untuk membenahi pengelolaan sampah, petugas kebersihan kota didorong meningkatkan kegiatan pengangkutan sampah dari rumah tangga, kegiatan pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 22 Mei 2019  |  13:50 WIB
ilustrasi
ilustrasi

Bisnis.com, PALEMBANG--Pemerintah Kota Palembang, Sumatra Selatan, berupaya membenahi pengelolaan sampah yang berasal dari berbagai aktivitas warga kota setempat dan jumlahnya terus mengalami peningkatan.

"Pengelolaan sampah dari rumah tangga, pasar tradisional dan modern, rumah sakit, perkantoran dan aktivitas warga lainnya secara bertahap dibenahi sehingga tidak menimbulkan masalah kebersihan dan keindahan kota," kata Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda di Palembang, Rabu (22/5/2019).

Dengan pembenahan pengelolaan sampah, diharapkan bisa dicegah terjadinya penumpukan sampah di sejumlah tempat yang dapat mengganggu pemandangan/keindahan kota dan menimbulkan bau busuk bahkan masalah kesehatan.

Untuk membenahi pengelolaan sampah, pihaknya mendorong petugas kebersihan kota meningkatkan kegiatan pengangkutan sampah dari rumah tangga, kegiatan pasar tradisional, pertokoan, perkantoran, dan rumah sakit.

Kemudian pihaknya berupaya menambah atau melakukan peremajaan peralatan dan armada angkutan sampah.

Pemkot juga mendorong warga kota membuat bank sampah untuk mengolah sampah yang masih bisa menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi, sehingga dapat mengurangi penumpukan sampah di tempat pembuangan sementara dan tempat pembuangan akhir serta memberikan penghasilan tambahan bagi warga.

Jumlah sampah yang dihasilkan dari berbagai kegiatan warga kota terus meningkat sehingga perlu diimbangi dengan pengelolaan kebersihan yang lebih baik.

Kemampuan pengangkutan sampah dari titik kumpul/tempat pembuangan sementara ke tempat pembuangan akhir akan terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan jumlah sampah yang dihasilkan warga kota.

"Melalui upaya tersebut diharapkan pengelolaan sampah semakin baik dan tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempat yang ditentukan tinggi,” kata dia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pengolahan sampah

Sumber : Antara

Editor : M. Rochmad Purboyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top