Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BI: Sandang & Suku Cadang Kendaraan Topang Penjualan Ritel

Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran tumbuh pada Maret 2019 yang ditopang oleh penjualan sandang dan suku cadang kendaraan.
Hadijah Alaydrus
Hadijah Alaydrus - Bisnis.com 07 Mei 2019  |  10:34 WIB
Pramuniaga memasukkan barang belanjaan kedalam kantong plastik di salah satu gerai retail di Cibinong City Mall, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/3/2019). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya
Pramuniaga memasukkan barang belanjaan kedalam kantong plastik di salah satu gerai retail di Cibinong City Mall, Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/3/2019). - ANTARA/Yulius Satria Wijaya

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran tumbuh pada Maret 2019 yang ditopang oleh penjualan sandang dan suku cadang kendaraan.

Indeks Penjualan Riil (IPR) dari Survei Penjualan Eceran BI pada Maret 2019 tumbuh sebesar 10,1 persen (yoy), meningkat dari 9,1 persen (yoy) pada Februari 2019.

Kepala Departmen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengungkapkan, peningkatan penjualan eceran terutama bersumber dari subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori.

Ke depannya, BI melihat penjualan eceran diprakirakan tetap tumbuh positif pada April 2019. "Hal tersebut diindikasikan oleh IPR April 2019 yang diprakirakan tumbuh 5,7 persen year on year, meskipun melambat dibandingkan dengan pertumbuhan pada bulan sebelumnya," kata Onny, Selasa (7/5/2019).

Namun demikian, IPR April 2019 tersebut diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 4,1 persen (yoy).

Onny mengungkapkan, pertumbuhan positif tersebut ditopang oleh penjualan subkelompok sandang dan kelompok suku cadang dan aksesori.

Lebih lanjut, hasil survei BI mengindikasikan tekanan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Juni 2019) akan meningkat.

Hal tersebut tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang sebesar 174,6 meningkat dari 153,9 pada bulan sebelumnya. Ini dipengaruhi oleh tekanan inflasi yang cenderung meningkat menjelang Idulfitri.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank indonesia ritel
Editor : Tegar Arief
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top