Refreshing dari Debat Politik di Pesta Diskon Pemilu 2019

Program KlingKing Fun ini melibatkan 250 brand dan jaringan ritel ternama, mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema dan lain sebagainya.
Yanita Petriella | 16 April 2019 09:56 WIB
Antrean warga negara Indonesia yang antusias mengikuti pemilihan umum 2019 dengan berbondong-bondong mendatangi TPS di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Riyadh, Ibukota Arab Saudi, Jumat (12/4/2019), waktu setempat. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Peritel beramai-ramai memberikan diskon khusus bagi masyarakat Indonesia yang telah menggunakan hak suaranya. Pesta diskon pada hari pemungutan suara Pileg dan Pilpres 2019 tersebut diharapkan mendongkrak aktivitas perekonomian sekaligus menyegarkan suasana setelah masyarakat Indonesia berbulan-bulan dikepung berbagai gesekan dan perdebatan politik.

Ketua Dewan Pertimbangan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan masyarakat Indonesia telah lama dijejali isu-isu, perdebatan dan panasnya gesekan politik selama masa kampanye.

"Ribut-ribut di media sosial, bingung bener enggak-nya berita, hoax atau bukan. Sekarang semuanya jadi stres. Jadi untuk menghilangkan stres, ya kita bergembiralah. Kami adakan KlingKing Fun," terang Sofyan.

Pesta diskon KlingKing Fun ini sejatinya menyasar 192 juta pemilih yang tercatat di Daftar Pemilih Tetap pemilihan legislatif dan Pesiden 2019. Berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum (KPU), tingkat partisipasi pemilih di pemilu Indonesia di era reformasi cenderung tinggi yakni 84% pada pemilu 2004, lalu 71% pada pemilu 2009, dan 74% ada pemilu 2014. 

Kendati demikian, terkait dengan target transaksi penjualan, para pelaku usaha tak mematok target selama program Klingking Fun ini. 

"Untuk target kenaikan penjualan berapa , kami tak menargetkan tapi nanti setelah program ini selesai kami akan umumkan setiap gerainya kenaikannya berapa," kata Sofyan Wanandi. 

Adapun, program KlingKing Fun ini melibatkan 250 brand dan jaringan ritel ternama, mulai dari toko online, fashion, makanan-minuman, sinema dan lain sebagainya. Tokopedia, Sogo, Sushi Tei, Cinema XXI, Ace Hardware, dan ratusan toko lain memberikan diskon hingga 50%.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani menuturkan dengan menunjukkan jari yang sudah tercelup tinta masyarakat bisa mendapatkan diskon di toko ritel, baik offline maupun online, serta brand ternama.

Untuk berbelanja di toko online para pemilih cukup mengambil foto jari yang sudah tercelup tinta pemilu. Masing-masing e-commerce akan menyediakan sistem untuk program ini.

"Terdapat dua pelaku usaha daring atau e-commerce yang ikut dalam program KlingKing Fun, yakni Tokopedia dan Bukalapak," ucapnya. 

Pengurus Dewan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Fetty Kwartati mengatakan diskon yang diberikan lewat program KlingKing Fun ini bervariasi, tergantung setiap merek dan jaringan distribusi ritel.

"Untuk diskonnya berkisar 10%, 17% hingga 50%. Lalu ada juga harga spesial di setiap gerai. Adapun diskon ini berlaku untuk seluruh Indonesia," katanya. 

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf mengatakan program KlingKing Fun juga berlaku untuk kampanye produk dalam negeri sehingga ritel baik skala kecil atau besar, bisa terangkat serta menyeimbangkan neraca perdagangan global.

"Kami ingin gairah perdagangan kembali normal sehingga setiap pihak bisa fokus untuk mengejar indikator pertumbuhan ekonomi," tuturnya. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Pemilu 2019

Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top