Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangkit Listrik Tenaga Minyak & Gas Bumi Hadir di Ternate

Kementerian Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas Bumi (PLTMG) berkapasitas 30 MW di PLN Kastela, Kota Ternate, Maluku Utara.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Energi dan Sumber Daya Energi (ESDM) mengoperasikan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas Bumi (PLTMG)  berkapasitas 30 MW di PLN  Kastela, Kota Ternate, Maluku Utara.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Djoko Siswanto meresmikan pengoperasian  PLTMG yang merupakan satu-satunya di wilayah Indonesia Timur ini, Selasa (9/4/2019).

Djoko mengatakan peresmian pembangkit listrik ini merupakan salah satu pergantian penggunaan solar dengan gas dalam bentuk PLTMG. Pembamgkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas Bumi ini memiliki kemampuan dapat melistiki 160.000 rumah tangga.

Untuk gas bumi sebagai bahan bakar PLTMG Kastela ini dipasok dari Bontang, Kalimantan Timur. Dengan menggunakan gas pada PLTMG Kastela ini, mampu menghemat pengeluaran Rp150 miliar hingga Rp200 miliar per tahun.

“Pemerintah juga bisa mengurangi impor solar karena bisa mengurangi subsidi BBM,  karena gas tidak disubsidi karena kita mempunya sumber yang banyak di dalam negeri, seperti di Tanggu, Bintang dan Sulawesi,” katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (10/4/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Taher mengapresiasi atas beroperasinya PLTMG dan diharapkan mampu melayani kebutuhan masyarakat di Ternate.

Sebelum PLTMG Kastela, Pemerintah juga telah meresmikan PLTMG di Sambera, Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Gas untuk infrastruktur ini dipasok dari Bontang yang berjarak 80 km dan diangkut dengan menggunakan truk. Setiap hari, sebanyak 24 truk bergantian mengisi PLTMG.

Sementara itu, untuk PLTMG terbesar yang ada saat ini berada di Lhokseumawe. Pada 2016 lalu Presiden Joko Widodo meresmikan beroperasinya PLTMG Arun di Lhokseumawe dengan kapasitas produksi listrik mencapai 184 megawatt (MW).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper