Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Gelar Program Padat Karya Di Lingkungan KSOP Marunda

Kemenhub Gelar Program Padat Karya Di Lingkungan KSOP Marunda

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menyelenggarakan program padat karya sebagai wujud peran serta dalam membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program padat karya dilakukan oleh Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Marinda dengan pekerjaan pembersihan halaman dan pengecatan gedung KSOP Marunda yang melibatkan sekitar 15 orang warga sekitar untuk lima hari kedepan.

"Kami harap kegiatan padat karya ini dapat membantu perekonomian warga sekitar, dan kami yakin bahwa ini sebagai bagian dari ikhtiar dan peran serta dalam pemberdayaan masyarakat yang dapat dijadikan sebagai pemicu untuk target yang lebih besar lagi," kata Kepala KSOP Marunda, Iwan Sumantri.

Iwan mengungkapkan bahwa dalam rangka mensukseskan program-program Pemerintah khususnya pemberdayaan masyarakat, kantor KSOP Kelas IV Marunda sebagai salah satu Unit Pelaksana Teknis senantiasa berkomitmen untuk menyelaraskan kegiatannya dengan program yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dimana salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Kegiatan Padat Karya.

Kegiatan Padat Karya ini dilaksanakan melibatkan lima belas orang warga sekitar selama lima hari dimulai pada hari ini (06/04/2019) hingga (11/04/2019).

Adapun, maksud dan tujuan padat karya ini adalah untuk memberdayakan masyarakat sekitar, mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, peran serta meningkatkan perekonomian warga, mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, asri dan nyaman untuk mendukung kinerja di bidang keselamatan pelayaran, serta menciptakan hubungan yang harmonis antara Pemerintah (Kantor Ksop Kelas IV Marunda) dengan warga sekitar di lingkungan kerja.

"Perekrutan tenaga kerja Padat Karya dilakukan dengan mempertimbangkan dan memprioritaskan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus, tidak bekerja dalam waktu yang lama, dan tenaga kerja tersebut memerlukan pekerjaan guna kelangsungan perekonomian," ujar Iwan.

Sekali lagi KSOP Marunda berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar terutama warga yg tidak mempunyai keterampilan khusus dan pekerjaan tetap.

Hadir pada kesempatan tersebut, Direktur Kenavigasian yang diwakili oleh Kasubdit Perambuan, Gus Rional dan perwakilan dari Bagian Perencanaan Ditjen Perhubungan Laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper