4 Pelindo Siap Rogoh Rp 32 T Perkuat Pelabuhan, Simak Detailnya

Empat BUMN pelabuhan telah menyiapkan belanja modal Rp32 triliun pada tahun ini yang sebagian besar digunakan untuk menggarap proyek strategis nasional.
Sri Mas Sari Sri Mas Sari | 21 Maret 2019 09:11 WIB
4 Pelindo Siap Rogoh Rp 32 T Perkuat Pelabuhan, Simak Detailnya
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — Empat BUMN pelabuhan telah menyiapkan belanja modal Rp32 triliun pada tahun ini yang sebagian besar digunakan untuk mengembangkan pelabuhan dan menggarap proyek strategis nasional.

Keempat BUMN tersebut memiliki visi dan misi yang sama dalam rangka meningkatkan layanan kepelabuhanan agar menjadi pelabuhan berkelas dan berstandar internasional. Kendati memiliki tujuan yang sama, dalam hal belanja modal, keempat perusahan pelat merah ini mengalokasikan jumlah belanja modal yang besarannya berbeda-beda.

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II/IPC menjadi BUMN di sektor kepelabuhanan yang mengalokasikan belanja modal atau capital expenditure (capex) terbesar pada 2019 yaitu sekitar Rp11 triliun.

Dengan adanya belanja modal yang besar untuk pembenahan sistem dan layanan pelabuhan, langkah besar ini diharapkan juga dapat memangkas inefisiensi di sektor logistik nasional yang hingga saat ini diprediksi masih sangat besar, atau di atas 20% dari PDB. 

Lantas, bagaimana detail rencana pengembangan pelabuhan dari setiap perusahaan tersebut dan bagaimana masing-masing korporasi mendapatkan sumber pendanaan mereka? Simak saja detailnya berikut ini:

Sumber : Bisnis Indonesia

Tag : pelabuhan, pelindo
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top