Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gelar Latihan Evakuasi, Nusantara Regas Gandeng Pertamina

PT Nusantara Regas bekerja sama dengan Pertamina Trans Kontinental (PTK) menggelar Exercise International Ships and Port Facility Securities (ISPS) Code di Terminal Khusus (Tersus) Floating Storage Regasification Terminal (FSRT) LNG Nusantara Regas Satu di area Teluk Jakarta, Kamis (14/3).
Sarana fasilitas Liquid Natural Gas (LNG) milik PT Nusantara Regas yaitu Floating Storage Regasification Unit (FSRU) berada di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (19/10)./ANTARA-Muhammad Adimaja
Sarana fasilitas Liquid Natural Gas (LNG) milik PT Nusantara Regas yaitu Floating Storage Regasification Unit (FSRU) berada di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Kamis (19/10)./ANTARA-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA - PT Nusantara Regas bekerja sama dengan Pertamina Trans Kontinental (PTK) menggelar Exercise International Ships and Port Facility Securities (ISPS) Code di Terminal Khusus (Tersus) Floating Storage Regasification Terminal (FSRT) LNG Nusantara Regas Satu di area Teluk Jakarta, Kamis (14/3).

Latihan Exercise ISPS juga digabungkan dengan latihan operasi pencarian dan penyelamatan, evakuasi dan pemadam kebakaran. Rangkaian kegiatan ini menjadi upaya Nusantara Regas dalam mengimplementasikan ISPS Code yang merupakan standarisasi kode internasional keamanan untuk kegiatan perkapalan dan pelabuhan. Selain itu, juga menjadi syarat layak atau tidaknya sebuah kapal dan pelabuhan untuk dapat melaksanakan interaksi kegiatan pelayaran internasional.

Direktur Utama PT Nusantara Regas Moch. Taufik Afianto menjelaskan Gelar Manuvra ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Nusantara Regas dan merupakan wujud komitmen perseroan dalam mematuhi terhadap peraturan keamanan standar internasional.
Latihan ISPS Code ini dilakukan selama 3 hari yang diawali dengan upskilling & sosialisasi ISPS Code, simulasi Table Top Exercise dan diakhiri dengan Gelar Manuvra exercise ISPS Code.

Exercise ini melibatkan pekerja NR dan PTK, personil eksternal dari Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kepulauan Seribu, Satrol Lantamal III Jakarta, Polres Kepulauan Seribu dan Basarnas Jakarta.

“Mengikuti Amendemen [Safety Of Life At Sea (SOLAS) 1974] tentang ISPS Code yang diberlakukan secara internasional pada tanggal 1 Juli 2004, Terminal Khusus FSRT LNG Nusantara Regas Satu yang terbuka dan dikunjungi kapal-kapal pelayaran internasional, sejak Juni 2013 telah dinyatakan comply ISPS Code dan mendapatkan SoCPF [Statement of Compliance of a Port Facility] dari Pemerintah” katanya.

Dia menambahkan kegiatan ini juga sekaligus menjadi mandatori atas diberikannya sertifikasi ISPS Code. Pihaknya mengaku ingin memastikan kesiagaan menghadapi potensi gangguan.

"Intinya, kami berkomitmen untuk memastikan keandalan fasilitas yang kami operasikan unruk memasok LNG ke 3 pembangkit PLN yang ada di Jakarta," tegasnya.

Sementara itu, Direktur Operasi dan Komersial PT Nusantara Regas Bara Frontasia selaku Incident Coordinator menambahkan bahwa selain memenuhi kepada peraturan yang ada, exercise ini diharapkan dapat menjadi sarana uji coba rancangan keamanan fasilitas pelabuhan Tersus FSRT dan uji coba Pedoman Rencana Penanggulangan Keadaan Darurat (PRPKD) Nusantara Regas.

FSRT Nusantara Regas sejak dioperasikan tahun 2012 mampu memasok gas sebesar maksimum 500 juta kaki kubik per hari (MMCFD) untuk 3 pembangkit listrik PLN yaitu PJB Muara Karang, IP Tanjung Priuk dan PJB Muara Tawar yang memiliki peran utama untuk kelistrikan DKI Jakarta dan sekitarnya. FSRU memiliki kapasitas storage 125.000m3 dan mendapatkan pasokan gas dari kilang LNG Bontang dan Tangguh LNG.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper