Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Prospek Lelang Blok Migas Diyakini Moncer

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan investasi minyak dan gas bumi (migas) tahun ini makin bergairah. 
Blok migas/Ilustrasi
Blok migas/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan investasi minyak dan gas bumi (migas) tahun ini makin bergairah. 

Kepercayaan diri Kementerian ESDM datang dari adanya animo para investor migas dalam mengakses dokumen penawaran 5 Wilayah Kerja (WK) Migas Konvensional yang Tahap I Tahun 2019 yang dilelang bulan lalu.

"Kelima blok yang bulan lalu dilelang, Alhamdulillah semua ada yang ambil. Jumlahnya berapa atau siapa saja kontraktornya, akan diumumkan nanti setelah periode lelang berakhir pada April," kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi, dalam keterangan pers, Minggu (10/3/2019).

Adapun, 5 WK yang dilelang secara regular tersebut mengunakan sistem fiksal baru, yaitu Gross Split yaitu WK Selat Panjang, West Kampar, Anambas, West Ganal, dan West Kaimana. Penawaran lelang WK Migas sendiri, menurut Agung, sudah bisa diakses dokumen penawarannya sejak 25 Februari hingga 24 April mendatang. 

Sementara itu , pemasukan dokumen partisipasi paling lambat pada tanggal 25 April 2019. Untuk akses bid document itu sendiri para kontraktor dikenai biaya US$5.000 sebagai bentuk keseriusan perusahaan.

Dalam 2 tahun terakhir sejak diterapkannya kontrak migas skema gross split sudah ada 14 blok yang laku saat dibuka penawaran lelang. 

"Selain itu, gairah juga terlihat dimana investasi migas mencapai sekitar US$13 miliar pada 2018 atau meningkat dibandingkan dengan 2017 yang senilai US$11 miliar," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper