Sinar Mas Land Gandeng Grab Bangun Smart Digital City

Pengembang properti Sinar Mas Land menggandeng Grab untuk mengembangkan kota smart digital terintegrasi pertama di BSD City.
Mutiara Nabila | 04 Maret 2019 15:31 WIB
(kiri ke kanan): Managing Director President Office Sinar Mas Land Dhony Rahajoe, Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata, dan Group CEO and Co-founder Grab Anthony Tan, saat penandatangan perjanjian kerja sama strategis di BSD, Senin (4/3 - 2019).

Bisnis.com, JAKARTA — Pengembang properti Sinar Mas Land menggandeng Grab untuk mengembangkan kota smart digital terintegrasi pertama di BSD City.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Sinar Mas Land menandatangani kerja sama pengembangan teknologi dengan Grab sebagai everyday super app terkemuka di Asia Tenggara.

Dalam kerja sama tersebut, Grab akan menggunakan keahliannya dalam bidang teknologi dan sumber daya manusia untuk membangun infrastruktur digital yang akan meningkatkan kehidupan masyarakat di BSD City.

President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata menyebutkan, Grab akan menyediakan solusi mobilitas yang cerdas dan tertata, mendukung pertumbuhan usaha kecil dan menengah, serta mendorong pembangunan teknologi untuk memperkuat posisi BSD City sebagai smart digital city.

"Penandatanganan ini diharapkan menjadi awal dari kerjasama lainnya antara Grab dan Sinarmas Group," ungkapnya dalam acara penandatanganan kerja sama di BSD, Senin (4/3/2019).

Sejalan dengan komitmen kedua belah pihak untuk terus membangun dan meningkatkan ekosistem digital Indonesia, BSD Digital Hub Area diproyeksikan akan menjadi pusat para pelaku usaha di dunia industri IT dan teknologi digital di Indonesia, mulai dari sekolah pencetak talenta yang dibutuhkan industri 4.0, startup, coworking space, perusahaan teknologi, e-commerce, industri kreatif, dan juga perusahaan global.

Group CEO Sinar Mas Land Michael Widjaja, menjelaskan bahwa sebagai pengembang kota, BSD City berusaha menghadirkan inovasi untuk kehidupan manusia yang lebih baik sebagai tujuan utama dalam setiap proyek yang dibangun.

"Saat ini, kami melakukan inovasi dengan membangun sistem transportasi yang terintegrasi serta mengembangkan teknologi yang diperlukan untuk melengkapi fasilitas publik di kota ini. Bagi Sinar Mas Land, membangun fasilitas publik sangat penting untuk memastikan gaya hidup yang sehat dan mobilitas yang lebih baik bagi masyarakat," ujar Michael.

Michael menambahkan, pihaknya yakin  Grab adalah mitra yang mumpuni untuk mendukung pengembangan Sinar Mas Land karena sesuai dari sisi pengembangan teknologinya.

Ridzki melanjutkan, pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan Sinar Mas Land untuk mempromosikan transportasi umum sebagai suatu gaya hidup di Indonesia, terutama di BSD City, serta membantu meningkatkan kewirausahaan digital di kawasan BSD City.

Menurut Ridzki, pengembangan smart city membutuhkan berbagai layanan untuk meningkatkan kualitas hidup dan kenyamanan aktivitas kehidupan sehari-hari, oleh karena itu BSD sebagai smart digital city yang terintegrasi merupakan kawasan yang ideal bagi Grab untuk memulai proyek dan menawarkan layanan baru yang dapat memenuhi harapan para pelanggan kami yang terus meningkat.

Adapun, kemitraan tersebut sejalan dengan pertumbuhan Grab yang luar biasa di Asia Tenggara termasuk Indonesia, yang menawarkan layanan ride-hailing, pengantaran makanan, pengantaran barang, dan pembayaran digital bagi jutaan penduduk Asia Tenggara.

"Sebagai bagian dari kesepakatan kerja sama ini, Grab akan membangun Grab Innovation and Engineering Lab sebagai pusat penelitian dan pengembangan inovasi di GOP 9, BSD City yang memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan untuk menciptakan sistem transportasi yang cerdas dan tertata melalui tiga rencana proyek kerja sama," jelasnya.

Ketiga rencana kerja sama tersebut terdiri atas menjalankan metode pemetaan daerah BSD City, melakukan uji coba Personal Mobility Devices (PMD), dan melakukan program pilot solusi mobilitas berbagi di kawasan BSD City.

Selain itu, Grab juga akan menyelenggarakan program Grab Ventures Velocity di BSD City, yang merupakan program akselerasi dimana para startup akan diberikan serangkaian sesi pelatihan dan mentoring untuk meningkatkan bisnis mereka.

"Startup yang terpilih akan memiliki kesempatan untuk mengembangkan bisnis mereka dan bergabung dalam aplikasi Grab. BSD City, sebagai integrated smart digital city merupakan lokasi yang tepat untuk program ini," imbuh Ridzki.

Selain memberikan solusi untuk permasalahan transportasi di BSD City, Sinar Mas Land dan Grab akan mendukung UKM lokal berbasis kuliner di kawasan tersebut sebagai upaya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dengan mendirikan dapur satelit yang disebut Kitchen by GrabFood.

Sebelumnya, BSD City telah melakukan transformasi menjadi the first integrated smart digital city telah dimulai dengan pengembangan kawasan Digital Hub sebagai ekosistem digital.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sinar mas land

Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top