Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Millenial Entrepreneurs Festival 2019 Dorong Pengusaha Muda Sukses Kelola Start Up

Economic digital di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang menggembirakan.
Ilustrasi pengusaha muda/Istimewa
Ilustrasi pengusaha muda/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Economic digital di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang menggembirakan.

Selain didorong pertumbuhan ekonomi nasional di atas 5 %, juga peningkatan kualitas sumber daya manusia generasi muda khususnya milenial yang akrab dengan teknologi informasi yang semakin baik.

Selain itu ditunjang makin memasyarakatnya dan terjangkaunya beragam sarana komunikasi berupa smart phone atau telpon pintar. Kondisi ini merangsang anak-anak muda yang kreatif menekuni dunia bisnis khususnya yang berkaitan ekonomi kreatif dan digital.

“Semakin banyak anak anak muda yang terjun ke dunia bisnis akan semakin banyak lapangan pekerjaan yang tersedia. Mengurangi jumlah pengangguran. Saat ini jumlah anggota masyarakat yang terjun menekuni dunia bisnis, tidak lebih dari 5 % dari jumlah penduduk Indonesia. Padahal kita perlu lebih banyak lagi anggota masyarakat khususnya anak anak muda yang mau terjun di dunia bisnis dengan segala suka dan dukanya,” papar Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) Arief Budhy Hardono, dalam siaran persnya.

Lebih lanjut, Arief Budhy Hardono menjelaskan, selain banyak anak muda generasi milenial yang sukses menggeluti dan mengelola ekonomi kreatif semacam start up, tidak sedikit juga yang gagal di tengah jalan. Salah satu kelemahan dan kesulitan dari para pengusaha muda atau pebisnis pemula (milenial entrepreneur) kita dalam mengembangkan ekonomi kreatif, atau start up adalah modal.

Selain itu juga pemasaran serta pengembangan inovasi. Untuk itu para pengusaha muda perlu didorong dan diberikan bimbingan baik dalam bidang permodalan maupun jaringan pemasaran, agar bisnis yang digelutinya semakin maju dan semakin meningkat kelasnya.

“ Untuk membantu dan mendorong para milenial entrepreneur dalam mengembangkan bisnisnya, baik dari segi permodalan maupun mendapatkan partner kerja, Pengurus Pusat ILUNI UI akan menggelar Millennial Entrepreneurs Festival 2019 atau MEF 2019. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu 2 Februari 2019 mendatang berlangsung di smart auditorium Telkom Landmark Tower jalan Gatot Subroto Jakarta Pusat," katanya.

Dalam acara tersebut para pebisnis pemula akan bertemu dengan para pebisnis dan penggiat economic creative yang berpengalaman baik di tingkat nasional maupun dunia. Sehingga mereka bisa menggali pengalaman dan belajar dari mereka yang sukses dan mereka yang pernah gagal dan kemudian sukses,” papar Arief Budhy Hardono.

Lebih lanjut Arief menjelaskan, tampil sebagai pembicara dan instruktur dalam acara tersebut antara lain Pimpinan perusahaan start up I Grow yang juga ketua Bisnis Centre ILUNI UI Andreas Sanjaya dan CEO founder start Up Kitabisa.com yang akan membahas materi “Making Social impact and Accelerate Growth in Indonesia” . Pemateri lainnya adalah head of finance and treasury Mandiri Capital Indonesia, Bisma Manda S, dan wakil dari Angin Id Principal Valencia DEA yang akan membahas materi, “ How to became an Investment Worthy Start Up,” 

Materi lainnya yang akan dibahas adalah tentang “ Becoming Entrepreneur through Social Media,” dengan pemateri antara lain fashion designer Fitri Aulia dan founder Autonetmaz Ridwan Hanif. Juga materi tentang “tantangan dan kesempatan untuk Pengembangan Start Up di Pasar yang sedang berkembang” dengan pembicara masing-masing direktur utama Passpod.com Hiro Whardana, juga salah seorang pimpinan dari start up Warungpintar Sofian Hadiwijaya.

Juga ada materi tentang “Pengembangan Inovasi Bisnis,” dengan menampilkan pembicara antara lain pimpinan perusahaan Urchindonesia, Yuri Pratama dan owner Takezi Chips galih Santoso. Serta materi tentang “unleashing Innovation With Start Up Partner. Tampil sebagai pemateri antara lain kepala sub direktorat inkubasi dan inovasi bisnis Universitas Indonesia (DIIB UI) Nurul Safitri, dan Wakil dari Indigo.id R Bayu Hartono.

“Yang tidak kalah menariknya ada sesi yang membahas tentang Creativepreneur The Power of Creativity as an entrepreneur. Tampil sebagai pembahas dalam materi tersebut salah seorang artis nasional Putri Ayudya dan penulis buku, JS Khairan,” papar Ketua Umum ILUNI UI Arief Budhy Hardono.

“Kami menyelenggarakan acara ini, sebagai bentuk sumbangsih kami kepada bangsa. Yakni memberikan dorongan dan bimbingan sekaligus semangat bagi para pengusaha atau pebisnis pemula atau millennial entrepreneur juga ingin mempertemukan mereka dengan para pelaku ekonomik kreative yang sudah berjaya baik di tingkat nasional maupun internasional. Jika para millennial entrepreneur kita sukses, maka recana Indonesia menjadi satu dari 4 negara Maju di dunia akan terwujud,” papar Sekjen ILUNI UI Andre Rahadia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper