Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelni Akan Angkut Kebutuhan Logistik Batu Bara PLN

Pelni mengklaim pengangkutan batubara PLN menjadi titik kebangkitannya melayani angkutan barang curah.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 26 Januari 2019  |  17:29 WIB
Kapal tongkang pengangkut batu bara. - ANTARA/Nova Wahyudi
Kapal tongkang pengangkut batu bara. - ANTARA/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) (Pelni) memulai 2019 bekerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) guna mengangkut komoditi batubara serta angkutan barang lain untuk kebutuhan proyek milik perusahaan setrum tersebut.

Pelni mengklaim pengangkutan batubara PLN menjadi titik kebangkitannya melayani angkutan barang curah. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) pengangkutan logistik yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut, Pelni, Harry Boediarto, mengatakan pengangkutan batu bara dan angkutan logistik PLN merupakan upaya Pelni pengembangan bisnis dari angkutan penumpang bertambah angkutan penugasan dan angkutan barang sebagai angkutan non Public Service Obligation (PSO).

Dia berharap ke depan pendapatan Pelni bukan hanya dari PSO namun akan ada kontribusi dari pendapatan non PSO. “Tanda tangan MoU ini menjadi momen penting transformasi bisnis dari angkutan penumpang ke angkutan barang,” terangnya dikutip Bisnis, Jumat (25/1/2019).

Awal berdiri Pelni lanjutnya, dengan menekuni bisnis angkutan barang. Seiring kebijakan pemerintah, Pelni difokuskan untuk melayani angkutan penumpang antar pulau melalui angkutan penumpang yang merupakan angkutan penugasan, pelayanan publik dan dibiayai PSO.

Seiring keberadaan infrastruktur bandara di beberapa wilayah mendorong meningkatnya dunia penerbangan dengan hadirnya tiket berbiaya murah. Imbasnya, pelanggan kapal Pelni menurun rata-rata 7% per tahun.

Pada tahun 2012 tercatat 4,82 juta pelanggan pada 2018 pelanggan Pelni menjadi 3,62 juta pelanggan.

“Menurutnya pelanggan Pelni mendorong perseroan berusaha memaksimalkan kompetensi sumberdaya Pelni untuk mencari pelanggan baru, khususnya angkutan barang,” tambah Harry.

Pada tahap awal, Pelni menyiapkan kapal angkutan curah agar dapat menyuplai bahan baku batubara untuk kebutuhan listrik PLN di berbagai wilayah.

Pelni dengan pengalamannya melayari seluruh perairan Nusantara siap mengangkut batubara dan angkutan logistik lainnya. Ke depan, Pelni berharap dapat menjadi bagian dari proses bisnis PLN, untuk memenuhi kebutuhan listrik di tanah air.

“Kami berharap sinergi PLN-Pelni dapat berkelanjutan untuk saling memenuhi kebutuhan dan mendapatkan manfaat bersama dalam kerja sama ini," ungkapnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelni
Editor : Miftahul Ulum

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top