Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Ajak Pensiunan ASN Berwirausaha, Tekankan Pentingnya Pendampingan

Presiden Joko Widodo mengajak para Aparatur Sipil Negara yang akan memasuki pensiun untuk memulai usaha. Hal itu merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi ketergantungannya kepada orang lain.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 16 Januari 2019  |  14:57 WIB
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Program Wirausaha ASN dan Pensiunan di SICC Sentul, Rabu (16/1/2019). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani
Presiden Joko Widodo saat menghadiri Program Wirausaha ASN dan Pensiunan di SICC Sentul, Rabu (16/1/2019). - Bisnis/Amanda Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo mengajak para Aparatur Sipil Negara yang akan memasuki pensiun untuk memulai usaha. Hal itu merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi ketergantungannya kepada orang lain.

Presiden Jokowi mengaku mendengar banyak ASN yang khawatir terhadap kesejahteraannya ketika memasuki masa pensiun.

"Tetapi saya melihat bahwa sekarang ini juga yang namanya tunjangan-tunjangan yang diberikan oleh pemerintah kepada ASN kita juga menurut saya, lebih dari cukup. Asal penggunannnya tidak konsumtif, bisa menabung, asal bisa mengelola keuangan dengan baik," katanya dalam Program Wirausaha ASN dan Pensiunan di Sentul, Rabu (16/1/2019).

Jokowi menekankan masa pensiun bukan berarti produktivitas berhenti. Dengan berwirausaha, ASN bisa lebih sejahtera di masa purnatugas. Kendati demikian, dia mengingatkan memulai sebuah usaha bukanlah hal mudah.

"Tapi kalau ada pendampingan, ada pelatihan-pelatihan seperti ini akan sangat baik. Agar mereka tahu bagaimana berproduksi, bagaimana membangun diferensiasi, membuat kemasan yang baik, membuat label nama, brand yang baik, kemudian memasarkannya," ujar Jokowi.

Sementara itu, Direktur Utama PT Taspen (Persero) Iqbal Latanro mengungkapkan banyak ASN yang sering tidak siap menghadapi masa pensiun. Dari data yang dimilikinya, 7 dari 10 pensiunan ASN di Indonesia harus melanjutkan hidup dan bekerja. "70% ASN masih bergantung kepada orang lain, misal anak dan saudara," tukasnya.

Oleh karena itu, dia mengemukakan Taspen memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan motivasi dan memberikan semangat ASN ketika sudah purna tugas. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan dan pendampingan bagi pensiunan ASN atau ASN yang akan memasuki masa pensiun untuk memulai bisnis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi ASN
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top