Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi Gula Ditargetkan Capai 2,45 Juta Ton

Kementerian Pertanian menargetkan produksi gula nasional tahun ini mencapai 2,45 juta ton seiring dengan rencana beroperasinya sejumlah pabrik baru serta potensi penambahan luas tanam tebu di luar Jawa.
Buruh memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di Ngawi, Jawa Timur, Selasa (8/8)./ANTARA-Ari Bowo Sucipto
Buruh memanen tebu untuk dikirim ke pabrik gula di Ngawi, Jawa Timur, Selasa (8/8)./ANTARA-Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Pertanian menargetkan produksi gula nasional tahun ini mencapai 2,45 juta ton seiring dengan rencana beroperasinya sejumlah pabrik baru serta potensi penambahan luas tanam tebu di luar Jawa.

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian Bambang mengaku masih optimistis target tersebut dapat tercapai meskipun lahan tanam tebu pada tahun lalu menyusut jika dibandingkan dengan 2017.

"[Target bisa tercapai karena] ada beberapa pabrik gula baru dan dukungan kami dalam hal perbenihan buat kebun rakyat di Sulawesi Tenggara, Makkasar dan Nusa Tenggara Barat," katanya pada Senin (14/1).

Berdasarkan data Ditjen Perkebunan telah terjadi penyusutan lahan perkebunan tebu 425.617 hektare pada 2017 menjadi 413.432 hektare pada 2018. (lihat grafis)

Kendati demikian, menurut Bambang bukan berarti peningkatan produksi tidak mungkin terjadi. Pasalnya, ada sejumlah potensi penambahan produksi dari pabrik gula baru yang data lahan tanamnya belum tercatat.

"Luas tanam overall cuma 413.000 hektare yang eksisting, tetapi ada tambahan industri gula baru yang belum terdata dan masuk hitungan. Mereka sudah tanam. Potensi tambahan cukup besar tapi masih menunggu pabrik beroperasi," katanya.

Bambang mengatakan ada tiga pabrik yang tahun ini akan melakukan giling perdana yakni PT Pratama Nusantara Sakti di Ogan Kemiring Ilir, Sumatera Selatan, PT Cakra Bombana Sejahtera di Bombana, Sulawesi Tenggara dan PG Rejoso Manis Indo di Blitar, Jawa Timur. Ketiga pabrik tersebut berkapasitas masing-masing 6.000 ton - 8.000 ton cane per day (TCD).

Direktur Tanaman Semusim dan Rempah Kementerian Pertanian Agus Wahyudi menambahkan, pada 2017 produksi gula nasional 2,14 juta ton dengan rendemen tebu 7,6 ton/ha dan pada 2018 produksi gula mencapai 2,17 juta ton dengan rendemen tebu 7,7 ton/ha.

Dia optimistis angka tersebut akan meningkat tahun ini pasalnya cuaca diperkirakan bagus dan rendemen juga membaik. "Bongkar ratoon akan tetap kita dorong. Tahun ini sedang kita revisi untuk kita naikkan," katanya.

Agus pun menambahkan ada potensi tambahan areal tanam sekitar 5.000 hektare, sehingga total luas tanam tebu bisa menjadi sekitar 430.000 hektare.

“Areal di Jawa memang tertekan jadi minat petani untuk tanam tebu tambahan masih kurang. [Perluasan] areal 2019 kemungkinan dari areal eksisting di 2018, ditambah pabrik baru," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper