Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Masyarakat Diajak Gunakan Bandara Kertajati Eksplorasi Wisata Jabar

Kementerian Perhubungan bersama Pemprov Jawa Barat mengajak masyarakat menggunakan Bandara Kertajati untuk mengeksplorasi objek wisata di provinsi itu. 
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 10 Januari 2019  |  00:58 WIB
Masyarakat Diajak Gunakan Bandara Kertajati Eksplorasi Wisata Jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan sambutan saat acara Ngapung Bareng Ti Kertajati di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (9/1/2019). Menhub Budi Karya Sumadi optimistis Bandara Kertajati mampu meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara ke Jawa Barat. - Antara/Dedhez Anggara
Bagikan

Bisnis.com, MAJALENGKA – Kementerian Perhubungan bersama Pemprov Jawa Barat mengajak masyarakat menggunakan Bandara Kertajati untuk mengeksplorasi objek wisata di provinsi itu. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan Jawa Barat memiliki potensi wisata, mulai dari destinasi wisata alam, kuliner, hingga batik.

"Ini harus dikemas dengan baik dan dipromosikan kepada masyarakat sehingga menggugah minat masyarakat untuk datang ke Jawa Barat melalui pintu gerbang udara ini [Bandara Kertajati]," katanya dalam acara Ngapung Bareng Ti Kertajati (Terbang Bersama dari Kertajati) di Bandara Kertajati, Majalengka, Jabar, Rabu (9/1/2019).

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Polana B. Pramesti menyebutkan beberapa maskapai yang telah melayani penerbangan melalui Kertajati, mencakup Citilink, Lion Air, Wings Air, Transnusa, dan Garuda. 

“Sudah ada penerbangan dari Kertajati-Surabaya PP, Kertajati-Bandar Lampung PP, Kertajati-Semarang PP, Kertajati-Medan PP, dan Kertajati-Balikpapan PP. Juga sudah ada penerbangan internasional, yakni Kertajati ke Madinah untuk melayani penerbangan umrah,” jelas Polana.

Selain rute-rute itu, dalam pekan ini akan ada tambahan rute baru, yakni Kertajati-Yogyakarta, Kertajati-Balikpapan, dan Kertajati-Jakarta melalui Halim Perdanakusuma.

Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengatakan Pemprov Jawa Barat akan mendorong keberangkatan umrah masyarakat Jabar melalui Bandara Kertajati. 

Dia pun meminta jajaran Pemprov dan pemkab/pemkot untuk kreatif menciptakan kegiatan-kegiatan promosi, seperti festival-festival yang dapat mengundang wisatawan mengunjungi Jabar.

“Saya harap pemerintah daerah dapat memberikan ide-ide kreatif bagaimana menciptakan kegiatan yang dapat mempromosikan pariwisata. Saya juga minta untuk nantinya penerbangan umrah untuk masyarakat Jawa Barat dari Bandara Kertajati," ujar Ridwan.

Dengan luas 1.800 hektare dan landasan sepanjang 3.000 x 45 meter, Bandara Kertajati atau Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) merupakan bandara kedua terbesar setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. BIJB juga dibangun dengan tujuan mengurangi beban bandara yang terletak di Tangerang, Banten, itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa barat bandara kertajati
Editor : M. Syahran W. Lubis
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top