Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkop dan UKM Dukung Pasar Ekspor Kain Cual Babel

Kemenkop dan UKM Dukung Pasar Ekspor Kain Cual Babel
Perajin menyelesaikan proses pembuatan kain cual khas Bangka di Galeri Kain Cual Ishadi, Pangkal Pinang, Bangka Belitung/Antara
Perajin menyelesaikan proses pembuatan kain cual khas Bangka di Galeri Kain Cual Ishadi, Pangkal Pinang, Bangka Belitung/Antara

Bisnis.com, JAKARTA  - Kementerian Koperasi dan UKM mendukung pengembangan produk unggulan asal Provinsi Bangka Belitung. Dukungan diberikan berupa perkuatan modal usaha bagi pelaku UMKM dan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas SDM, dan fasilitasi promosi dan pemasaran produk di gedung Smesco Indonesia. 

“Hari ini kita saksikan Babel ya, tapi intinya Itu sama semua daerah kita dukung baik dari sisi pembiayaan, pelatihan kita berikan semua wilayah, supaya daerah pariwisata bisa sejalan perkembangannya dengan produktifitas UKM dan koperasi,” kata Sekretaris Kemenkop dan UKM Meliadi Sembiring dalam keterangan resminya, Sabtu (1/12/2018).

Meliadi menyebut Babel menyimpan potensi tenun yang layak dipasarkan ke pasar dalam maupun luar negeri. Salah satu tenun yang terkenal yakni kain cual. Kain cual asal Babel memiliki beberapa motif, seperti motif kembang gajah, bunga cina, naga bertarung, dan burung hong. Beberapa motif kain cual ada yang dibuat dengan menggunakan benang sutra dan bahkan ada yang dibuat dengan benang emas 18 karat.

“Itu pasti (mendukung pasar ekspor) yang kita harus melihat kemauan pasar internasional, kita harus sesuaikan kualitas kita supaya penuhi itu. Banyak tenun punya khas. Cual itu potensi karena daerah lain ga ada itu andalan Babel,” ungkapnya.

Smesco Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraaan acara promosi potensi Provinsi Bangka Belitung bertajuk “Smesco Indonesia presents Stunning of Bangka Belitung”. Event ini merupakan kerjasama antara Kemenkop dan UKM, Smesco Indonesia, Pemprov Babel dan Dekranasda Babel.

Smesco Indonesia yang bergerak di bidang layanan pemasaran KUKM membuka diri menjadi tempat display permanen, pusat promosi dan pemasaran produk unggulan KUKM daerah dari 34 provinsi di Indonesia.


“Sehingga kami membuka ruang bagi daerah mana pun untuk mengadakan kegiatan promosi produk unggulannya di Smesco Indonesia. Kerjasama sudah kami lakukan dengan beberapa daerah, yang terakhir dari Madura, Jawa Timur,” kata Dirut Smesco Indonesia Emilia Suhaimi.

Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, dalam sambutannya mengatakan Stunning of Bangka Belitung menjadi ajang ekspose semua potensi unggulan Babel mulai dari produk, pariwisata, budaya dan kuliner khas daerah yang mencirikan identitas daerah, local heritage dan keunikan.

“Ini bertujuan untuk memperkenalkan karya kreatif UMKM dan citra budaya daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada masyarakat luas,” ucap Erzaldi.

Stunning of Bangka Belitung memperkenalkan kain cual sebagai warisan budaya Bangka Belitung yang memiliki keindahan tersendiri. Kain cual menjadi kebanggaan masyarakat Bangka sejak ratusan tahun lalu dan kini telah menjadi seragam di beberapa Sekolah Dasar dan kantor-kantor pemerintahan di daerah penghasil timah itu.

“Karena itulah, kami berupaya agar kain cantik yang memiliki beragam motif ini dapat diperkenalkan kembali kepada masyarakat dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” tukas Gubernur.

Selain demo tenun cual, dan fashion show cual, Stunning of Bangka Belitung juga menghadirkan beragam acara menarik lainnya, seperti tarian, atraksi pencak silat, penampilan instrumen musik barongsai, demo masak oleh Master Chef Desi Trisnawati, demo tenun cual, fashion show Batik Bangka dengan iringan musik dambus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper