Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jasa Marga Siapkan Lahan Khusus UMKM di 30 Rest Area

PT Jasamarga Properti (JMP) menargetkan dapat mengelola 30 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP).
Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau rest area Km 597B.
Menteri BUMN Rini Soemarno meninjau rest area Km 597B.

Bisnis.com, SEMARANG – PT Jasamarga Properti (JMP) menargetkan dapat mengelola 30 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) atau lebih dikenal dengan rest area yang menyediakan lahan khusus bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Direktur Operasi I PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Mohammad Sofyan memaparkan bahwa sebanyak 30 TIP yang menyediakan lahan khusus bagi UMKM tersebut akan tersebar di sejumlah jalan tol yang dikelola oleh JSMR maupun kelompok usahanya.

"Jalan tol dimaksud adalah Jalan Tol Purbaleunyi, Palikanci, Batang-Semarang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Pandaan-Malang, Gempol-Pasuruan, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi, Balikpapan-Samarinda, dan Manado-Bitung," papar Sofyan saat peninjauan Menteri BUMN dalam Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa, Senin (12/11/2018).

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 10/PRT/M/2018 tentang Tempat istirahat dan Pelayanan pada Jalan Tol bahwa untuk di TIP yang jalan tolnya telah beroperasi disediakan lahan untuk UMKM dan koperasi sebanyak 20%, sedangkan untuk tol baru sebesar 30%.

JMP sendiri telah mengalokasikan komposisi tenant melalui desain sesuai yang dipersyaratkan Peraturan Menteri PUPR tersebut.

Namun, saat ini pihaknya memperluas konsep tersebut dengan membangun TIP yang secara khusus berkonsep UMKM, salah satunya sedang dibangun di KM 360B ruas tol Batang-Semarang.

"TIP yang merupakan joint venture PTPP, PP Properti, JMP dan PTPN IX tersebut memiliki alokasi tenant hingga 70% untuk UMKM,” tambah Sofyan dalam penjelasannya di rest area

Para pelaku UMKM yang telah menempati TIP-TIP yang dikelola oleh PT JMP bergerak di berbagai sektor, seperti kuliner, kerajinan hingga oleh-oleh.

Keberadaan UMKM di TIP jalan tol merupakan arahan langsung dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan agar ada tempat khusus bagi UMKM. Oleh sebab itu, diperlukan sinergi antara Kementerian BUMN, Kementerian PUPR, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), pemda setempat, dan berbagai elemen masyarakat lainnya untuk mengelola dan mengembangkannya.

"Dan itu memang diutamakan bagi warga sekitar. Hal itu bertujuan untuk memacu roda perekonomian masyarakat setempat,” kata Menteri BUMN Rini Soemarno saat meninjau Rest Area Km 597B dalam rangka Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper