Sharp Indonesia Fokus Pada Fitur Lokal

PT Sharp Electronics Indonesia mengedepankan fitur lokal untuk merebut pasar Indonesia.
Annisa Sulistyo Rini | 10 Oktober 2018 21:42 WIB
Logo Sharp terpampang di salah satu pameran produk elektronik di Jepang - Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA—PT Sharp Electronics Indonesia mengedepankan fitur lokal untuk merebut pasar Indonesia.

Tadashi Ohyama, CEO Sharp Electronics Indonesia, mengatakan selama 2018 perusahaan telah meluncurkan beberapa produk yang memiliki fitur lokal, seperti mesin cuci hijab yang dirilis pada Maret dan kulkas halal pada Mei. Produk halal ini sesuai dengan profil masyarakat Indonesia yang 80% hingga 85% beragama Islam.

“Mesin cuci hijab dan kulkas halal memberikan performa yang baik dan menjadi produk yang dicari di pasaran,” ujarnya di Jakarta, Rabu (10/10/2018).

Setelah kedua produk tersebut, perusahaan asal Jepang ini memperkenalkan produk televisi dengan fitur pengingat salat, yaitu Azan TV. Produk ini mulai diproduksi pada bulan lalu dan dipasarkan pada bulan ini.

Andry Adi Utomo, Domestic Sales Senior General Manager Sharp Electronics Indonesia, menuturkan sebagai bagian dari Sharp Group, perseroan ditantang untuk memenangkan pasar melalui pemenuhan kebutuhan masyarakat lokal. Dengan latar belakang penduduk beragama Islam yang besar, maka perseroan memutuskan untuk mengembangkan produk yang menyasar umat muslim.

“Mesin cuci hijab dan kulkas halal hasilnya luar biasa, dari yang sebelumnya penjualan kulkas turun pada 2017, langsung naik kembali dengan kulkas halal. Ke depan kami akan mengembangkan special model untuk masyarakat muslim dengan mengedepankan local fit,” jelasnya.

Lebih jauh, Andry menyebutkan penjualan kulkas tumbuh 115% dibandingkan tahun lalu setelah peluncuran kulkas halal. Menurutnya, produk ini lebih laris di daerah luar Jakarta. “Kami juga mengembangkan lemari es impor yang halal, akhir tahun microwave halal. Selain itu, produk small appliances seperti blender, mixer, toaster, juga trennya ke arah sana,” kata Andry.

Untuk produk Azan TV, Sharp menargetkan bisa terjual sebanyak 180.000 unit pada 2019. Perseroan melakukan promosi Azan TV dengan memberikan hadiah umroh bagi 20 pasang pembeli yang beruntung.

Saat ini ada 7 model televisi yang dilengkapi dengan fitur pengingat salat dan suara azan. Yang pertama dilepas ke pasaran adalah Full HD 45 inci dan 50 inci. Selanjutnya, pada akhir Desember 2018 baru akan diluncurkan Full HD 40 inci dengan harga antara Rp4,9 juta hingga Rp7,8 juta.

Tag : sharp
Editor : Maftuh Ihsan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top