Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

‘Coworking Space’ Jadi Tuntutan Fasilitas Utama di Apartemen ‘Mixed Use’

Coworking space saat ini dinilai menjadi fasilitas utama yang harus hadir dan tersedia di pengembangan apartemen ‘mixed use’.
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters
Salah satu coworking space di Kuningan, Jakarta Selatan./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Coworking space saat ini dinilai menjadi fasilitas utama yang harus hadir dan tersedia di pengembangan apartemen ‘mixed use’.

Berdasarkan survei Indonesia Property Watch, sebanyak 42,6% menganggap ruang bersama wajib berada di setiap apartemen dan sebanyak 33,4% menganggap fasilitas ‘co-working space’ juga menjadi faktor pertimbangan milenial memilih apartemen.

 CEO Indonesia Property Watch (IPW) Ali Tranghanda mengatakan di tengah masyarakat yang individualistis, minat kaum milenial untuk bersosialisasi relatif masih cukup tinggi.

"Fasilitas co-working space meskipun belum terlalu menjadi prioritas tetapi menjadi salah satu faktor penting dan angka tersebut diperkirakan akan terus meningkat," ujar Ali dikutip dari keterangan resminya, Minggu (16/9/2018).

Direktur PT Metropolitan Land Tbk., Olivia Surodjo mengatakan dengan keadaan lalu lintas yang semakin padat dan kharakteristik masyarakat yang ingin serba cepat dan sederhana, penempatan ruang kerja dalam satu kompleks apartemen menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

"Untuk zaman sekarang sih itu [co-working space] menjadi tambahan point plus yah. Terutama untuk konsumen dengan segmentasi middle up," ujar Olivia saat dihubungi Bisnis, Minggu (16/9/2018).

Ia mengatakan apartemen dengan konsep work office home office (WOHO) atau penyediaan ruang kerja dalam satu area mixed use akan menjadi pilihan dan semakin menarik bagi masyarakat yang sangat menghindari kemacetan.

Namun, berbeda dengan konsumen menengah ke bawah, lanjut Olivia, fasilitas utama yang harus disediakan pada apartemen mixed use masih berputar di sekitar fasilitas retail atau mal dan kedekatannya dengan transportasi publik.

Sementara itu, Assistant Manager Coldwell Banker Angra Angreni mengatakan belum melihat coworking space sebagai fasilitas prioritas oleh pengembangan apartemen mixed use.

"Yang saya lihat saat ini permintaan co working space masih di gedung perkantoran, mungkin jika tren coworking space ke depan memiliki market yang semakin bagus, bisa saja sebagai menjadi bagian dari apartemen mixed use," ujar Angra.

Menurutnya, kecenderungan perusahaan penyedia co-working space yang menyewa di gedung perkantoran dan bekerjasama dengan pengembang yang berlokasi di pusat bisnis tersebut bertujuan untuk menghubungkan pengguna co-working space menjadi suatu komunitas yang saling berkaitan atau saling membutuhkan.

Oleh karena itu, coworking space berada di apartemen dan menjadi fasilitas utama masih menjadi sebuah proses.

Selama ini pemilihan jenis fasilitas utama maupun fasilitas pendukung suatu proyek apartemen yang menjadi pengembangan mixed use selalu disesuaikan dengan target penghuni dan konsumen dari pengembang dan apartemen tersebut.

Seperti contoh pada apartemen yang menyasar kaum milenial yang memiliki mobilitas tinggi, maka fasilitas yang disediakan umumnya fasilitas serba ada, seperti fasilitas kebugaran (olahraga), fasilitas rekreasi, dan fasilitas pertokoan (kios).

Angra mengatakan fasilitas pertokoan atau kios pun saat ini telah berperan sebagai fasilitas yang multifungsi, yaitu selain sebagai fasilitas yang menjual aneka produk kebutuhan sehari-hari, seperti minimarket dan kantin, pertokoan juga dapat dijadikan sebagai fasilitas perkantoran, pendidikan, day care, olahraga, kesehatan dan estetika, dan fasilitas yang mengakomodasi tempat ibadah, seperti kios yang dijadikan untuk gereja, vihara, dan klenteng.

"Namun kembali lagi, jika penghuni apartemen adalah profesional ataupun perintis bisnis startup atau fintech, sudah pasti mereka akan membutuhkan co working space," kata dia.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper