Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Botanical, Klaster Rumah Dikelilingi Kebun Pangan Mulai Serah Terima

Gunas Land, pengembang Vida Bekasi, merampungkan pembangunan rumah tapak yang dikelilingi kebun pangan di kawasan Narogong, Bekasi.

Bisnis.com, JAKARTA-- Gunas Land, pengembang Vida Bekasi merampungkan pembangunan rumah tapak yang dikelilingi kebun pangan di kawasan Narogong, Bekasi, Jawa  Barat.

Edward Kusma, Direktur Vida Bekasi mengatakan Cluster Botanica yang dikembangkan oleh Vida Bekasi sejak 2016,. Edward menjelaskan dari segi konsep hunian, Cluster Botanica mengadopsi suasana kebun herbal yang mengelilingi kawasan hunian. Halaman depan, samping dan bagian belakang rumah pun ditanami aneka pohon buah, serta tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan sehari-hari.

“Kami membangun Cluster Botanica bukan hanya sebagai tempat tinggal, tapi juga tempat hidup yang nyaman untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan berkumpul dengan tetangga. Dengan menggandeng arsitek Yu Sing, kami serius membangun hunian yang dekat dengan alam,” katanya Senin (20/8/2018).

Pasalnya Edward menilai komplek hunian yang ideal biasanya tidak hanya menyediakan tempat tinggal, namun juga diimbangi dengan lingkungan yang asri dan nyaman bagi para penghuninya.

Cluster Botanica dibangun di lahan seluas 3,5 hektare (ha), terdiri dari dua tipe unit yaitu Rosemary dan Basil dengan luas masing-masing LB 69/ LT 84 dan LB 47/ LT 60, Cluster Botanica dibanderol dengan harga mulai Rp650 juta hingga Rp1 miliar.

Dia melanjutkan kawasan Bida Bekasi dirancang sebagai kawasan terpadu seluas 130 ha.

Yu Sing, yang menggawangi firma arsitek Studio Akanoma, dikenal piawai merancang bangunan ramah lingkungan dengan menggunakan material lokal dan fitur-fitur bangunan yang fungsional secara alami.

Dengan rancangan khusus dari Yu Sing, hunian Botanica dibangun secara semi-detached, yakni antar rumah tidak saling menempel dindingnya, sehingga sirkulasi udara dapat optimal. Pintu dan jendela dirancang sekaligus sebagai penghawaan dan pencahayaan alami.

Selain itu, dalam kawasan Cluster Botanica, tersedia ruang bersama yang terdiri dari taman atau hutan kecil, pendopo serbaguna, kolam natural, juga taman bermain anak yang dapat digunakan oleh warga untuk aneka acara. Melalui konsep tersebut, Vida Bekasi ingin mengembalikan budaya bertetangga yang baik.

“Botanica adalah salah satu dari sedikit hunian urban yang berani mengimplementasikan desain ramah lingkungan secara serius. Adanya ruang terbuka hijau, koridor taman dan kolam natural sangat mendukung terciptanya ekosistem flora dan fauna secara alami di sekitar hunian. Hunian yang baik itu bukan hanya untuk manusia saja, tetapi harus bisa berdampingan dengan alam secara harmonis,” ungkap Yu Sing.

Yu Sing juga menyebut kesadaran masyarakat perkotaan masa kini adalah memilih hunian yang ramah lingkungan dan mampu menjadi rumah hidup ideal bagi keluarga

Hingga kini kawasan ini juga lebih lengkap dengan hadirnya Binus School Bekasi, Arena Sports Club, klinik RS Bunda, Restoran Mang Kabayan, dan Pasar Anyar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper