Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kopi Arabika Gayo Bener Meriah Turun Harga

Harga kopi Arabica asal Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah atau Gayo mengalami penurunan sejak tiga bulan terakhir setelah pada awal tahun menembus harga tertinggi di pasar global.
Petani menjemur biji kopi/jibi
Petani menjemur biji kopi/jibi

Bisnis.com, TAKENGON, Aceh - Harga kopi Arabica asal Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah atau Gayo mengalami penurunan sejak tiga bulan terakhir setelah pada awal tahun menembus harga tertinggi di pasar global.

Pelaku kopi di Takengon, Aceh Tengah, Win Ruhdi Bathin kepada wartawan Selasa mengatakan, harga kopi Arabica Gayo jenis green bean asalan saat ini turun menjadi Rp70 ribu dari harga tertinggi sebelumnya Rp80 ribu/Kg.

"Untuk gelondong sekarang turun diharga Rp12.500/bambu, sebelumnya Rp16 ribu/bambu. Satu bambu itu sama dengan 1,2 Kg," tutur Win Ruhdi.

Namun walaupun mengalami penurunan, kata Win Ruhdi, harga kopi saat ini dinilai masih relatif tinggi dibanding harga pada tahun lalu, sebelum komoditi unggulan tersebut menembus harga tertinggi di awal tahun 2018.

"Di awal tahun adalah sejarah kenaikan harga kopi paling signifikan sejak 10 tahun terakhir. Itu harga yang menyenangkan bagi petani," kata Win.

Win Ruhdi mengatakan saat menyentuh harga tertinggi pada awal tahun 2018, Arabica Gayo untuk katagori spesialty bahkan menembus harga Rp95 ribu/Kg.

Sementara pasar ekspor kopi Gayo, kata Win, biasanya hanya dibedakan dalam dua katagori yakni green bean great satu dan katagori kopi spesialty.

Sedangkan untuk jenis green bean asalan yang kualitasnya di bawah great satu biasanya dibeli para eksportir dari para petani untuk kemudian disortir kembali menjadi great satu siap ekspor.

Di sisi lain, kata Win Ruhdi, kopi Arabica Gayo saat ini secara keseluruhan belum memasuki masa panen. "Masa panen diperkirakan mulai September nanti," tutur Win.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper