CPPIB dan Longfor Group Kerjasama Investasi Perumahan di China

Canada Pension Plan Investment Board atau CPPIB and Longfor Group Holdings Limited bekerja sama menggelontorkan dana investasi sekitar US$817 juta yang fokus untuk program perumahan di China.
Gloria Fransisca Katharina Lawi | 17 Juli 2018 21:09 WIB
Kota Beijing, China. - Bisnis.com/Lili Sunardi

Bisnis.com, JAKARTA -- Canada Pension Plan Investment Board atau CPPIB and Longfor Group Holdings Limited bekerjasama menggelontorkan dana investasi sekitar US$817 juta yang fokus untuk program perumahan di China.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (17/7/2018) kerjasama yang akan berlaku di China ini akan berlokasi di seberang Tier I dan Tier II. Pendanaan melalui pengembangan, akusisi, dan sewa aset komersial yang diubah sebagai kawasan sewa perumahan.

Jimmy Phua, Managing Director, Head of Real Estate Investments Asia, CPPIB mengatakan saat ini ada permintaan rumah modern, dengan kualitas sewa rumah yang cocok untuk profesional muda dan para pelajar yang baru lulus kuliah.

Angka generasi ini cukup tinggi, sehingga dengan kolaborasi perusahaan, mereka bisa mengambil peluang dan berpartisipasi pada sektor realestat China yang bertumbuh cepat. Selain itu cara ini bisa menambah jenis investasi perusahaan di banyak sektor.

“Kami melihat ke depan dengan kerjasama ini bisa meluncurkan hal baru, dan bekerjasama dengan Longfor Group, secara berkelanjutan, kami menunjukkan dedikasi kami pada bisnis investasi sewa rumah di Cina," tuturnya.

CPPIB dan Longfor Group mengumumkan kolaborasi perdana mereka pada 2014 lalu dan sudah membuat hasil Paradise Walk sebagai aset ritel yang pertama dan investasi pertama mereka untuk real estate berkonsep mixed-use di Suzhou. Mereka meneruskan kerjasama ini di Chongqing, Shanghai, dan Chengdu.

Adapun Longfor Group adalah perusahaan properti residensial dan pengembang ritel di Cina. Perusahaan ini berpengalaman dalam mengelola bisnis properti. Ada pun proyek terbaru mereka yang sudah selesai adalah Pinnacle Real Estate Capital Partners.

Zhao Yi, Executive Director and Chief Financial Officer dari Longfor Group mengatakan, kerjasama dengan CPPIB ini semakin kuat dari tahun ke tahun. Hal ini bermula dari kerjasama ritel, mall, dan mixed use di Suzhou, Chongqing, Chengdu dan Shanghai.

Dia mengatakan, strategu dari kerjasama jangka panjang sektor hunian ini menyadarkan CPPIB dan Longfor Group tentang mengembangkan kapasitas mereka. Dengan posisi yang kuat dan reputasi perusahaan yang bagus didukung pengoperasian bisnis yang efisien dia yakin perusahaan akan sukses menjalankan bisnis sewa hunian atau sewa apartemen dalam jangka panjang.

"Kami punya permulaan kerjasama yang kuat pada sewa apartemen jangka panjang, dan kami berhadap ini semakin kuat didukung regulasi dan pasar," tandasnya

Sebagai informasi, Canada Pension Plan Investment Board (CPPIB) adalah perusahaan investment management. Saat ini perusahaan sedang menambah aset CPP di bueang sarana publik ataupun swasta, real estate, infrastruktur.

Kantor pusar perusahaan ini berlokasi di Toronto, Kanada dan sejumlah kantor di Hong Kong, London, Luxembourg, Mumbai, New York City, São Paulo dan Sydney. CPPIB dikelola secara independen oleh Canada Pension Plan sebagai tangan kanan pemerintah.

Sementara Longfor Group Holdings Limited adalah pengembang dengan proyek yang mereka bangun di 40 kota di Cina. Longfor Properties ini mengembangkan shopping mall, sewa apartemen, dan properti komersial. Ke depannya, Longfor Properties akan fokus pada konsep Space as a Service (SaaS) dengan misi menjadi market leader sektor properti di Cina.

Tag : properti china
Editor : M. Rochmad Purboyo

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top