Pusat Belanja Catat Peningkatan Trafik Kunjungan

Pengelola pusat belanja atau mal mencatat adanya peningkatan kunjungan selama periode libur Lebaran.
Agne Yasa | 19 Juni 2018 19:03 WIB
Pengunjung berbelanja di AEON MALL yang resmi dibuka, di Jakarta Garden City, Sabtu (30/9). - JIBI/Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengelola pusat belanja atau mal mencatat adanya peningkatan kunjungan selama periode libur Lebaran.

Stefanus Ridwan, Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), mengatakan tingkat kunjungan di pusat belanja selama libur Lebaran ini terbilang positif.

“Trafiknya cukup bagus, beberapa tenant mengatakan tahun ini lebih bagus dari tahun lalu,” katanya, Selasa (19/6/2018).

Dia mengatakan tingkat kunjungan di beberapa mal ini cukup variatif, namun untuk mal yang memang menjadi destinasi dan menarik bagi pelanggan pasti ramai dikunjungi.

“Trafiknya bisa meningkat 100% di beberapa mal di Jakarta ketika puncaknya, sebelum Lebaran. Seminggu setelah Lebaran masih ramai tapi tidak seperti puncaknya, ke daerah juga,” jelasnya.

Pusat belanja, katanya, dapat menjadi alternatif untuk menghabiskan waktu ketika libur Lebaran selain ke tempat wisata. Untuk itu, pengelola harus terus menghadirkan inovasi agar trafik kunjungan ke mal tetap ramai.

Sementara itu, Budihardjo Iduansjah, Ketua Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo), mengatakan peningkatan trafik sudah terasa sejak libur sebelum Lebaran ketika Tunjangan Hari Raya (THR) sudah turun.

“Trafiknya ramai, [di daerah] justru yang pulang kampung, di Jakarta sendiri ramai malnya ramai, beli makan dan lainnya. Juni ini masih ramai, trafik bisa meningkat rata-rata dua kali lipat di mal,” jelasnya.  

Secara terpisah, Lolita Safitri, PR Assistant Manager PT Lotte Shopping Avenue Indonesia, mengatakan untuk tingkat kunjungan pelanggan ke Lotte Shopping Avenue selama libur Lebaran, pihaknya mencatat adanya peningkatan sekitar 20% hingga malam sebelum Lebaran. Namun, pada libur Lebaran 15-16 Juni  2018 terjadi penurunan karena penyesuaian jam operasional.

“Setelah libur Lebaran , kami sudah mempersiapkan program nonton bareng Piala Dunia 2018 dari 15 Juni-15 Juli [untuk tingkatkan trafik kunjungan],” jelasnya.

Seperti diketahui,  Presiden Joko Widodo juga sempat mengunjungi pusat belanja di Bogor bersama keluarganya pada Senin (18/6). Selain itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga sempat mengunjungi salah satu mal di Makassar dalam mengisi waktu libur Lebaran. 

Tag : pusat perbelanjaan
Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top