Jalur Tol Mudik Pantura Jabar-Jateng Ditinjau Menteri PUPR

Setelah meninjau Bendungan Kuningan dan rumah khusus relokasi warga, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan meninjau jalur mudik yang akan digunakan pada saat Lebaran.
Yanita Petriella | 25 Mei 2018 14:36 WIB
Pekerja mengerjakan pembangunan lantai kerja ('lean concrete') yang akan difungsikan sebagai jalur fungsional bagi pemudik Lebaran 2017 di ruas tol Semarang-Batang di Tulis, Batang, Jawa Tengah, Selasa (23/5). - Antara

 

Bisnis.com, KUNINGAN - Setelah meninjau Bendungan Kuningan dan rumah khusus relokasi warga, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan meninjau jalur mudik yang akan digunakan pada saat Lebaran.

Peninjauan jalur mudik akan dilakukan pada hari ini, Jumat (25/5/2018) hingga Minggu (27/5/2018). Rombongan akan memulai perjalanan dari Kuningan melintasi jalur nasional hingga menuju Tegal. Lalu dari Tegal akan melintasi jalan tol hingga Solo. 

Berbagai persiapan pun telah dilakukan, salah satunya memesan sate kambing Batibul.

"Kita akan terus ke Semarang. Dari sini (Kuningan) kita langsung ke Tegal, sudah pesan sate Batibul. Nginep di Tegal, terus nanti paginya kita baru nyusuri tol," ujarnya saat meninjau Bendungan Kuningan, Jawa Barat.

Perjalanannya pada Sabtu (26/5) akan diisi dengan mengecek kesiapan jalur tol fungsional ruas tol Pejagan—Pemalang, Pemalang—Batang. Lalu mengecek kesiapan jembatan Kali Kuto di ruas Batang--Semarang, dan Jembatan Kali Kenteng di ruas Semarang—Solo.

"Besok kita lihat Kali Kuto. Tadinya kan rencana bisa berfungsi H-7, mungkin bisa H-5 atau H-6. Besok kita lihat, tapi kita juga sudah punya plan B. Kalau Kali Kenteng, lewat di bawahnya," tuturnya.

Menurutnya, jalur mudik Lebaran kali ini bakal lebih baik dari tahun lalu. Terlebih, ruas tol di Jawa sendiri nantinya akan sudah tersambung dan bisa dilewati dari Merak sampai Pasuruan.

"Sudah oke. Ya lebih baik daripada tahun lalu, Insya Allah lebih baik. Jalan nasionalnya lebih baik, jalan tolnya juga sudah lebih baik," ucap Basuki. 

Tag : jalur mudik
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top