Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Platform Digital Ini Tawarkan Solusi Manajemen Pengiriman Barang

Dalam bisnis logistik, termasuk pengiriman barang, keterlambatan, keterbatasan armada angkutan, dan masalah teknis lain, juga kesepakatan, hingga sistem pembayaran bisa muncul sebagai masalah.
Iman Kusnadi, CEO dan founder ritase.com/Istimewa
Iman Kusnadi, CEO dan founder ritase.com/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam bisnis logistik, termasuk pengiriman barang, keterlambatan, keterbatasan armada angkutan, dan masalah teknis lain, juga kesepakatan, hingga sistem pembayaran bisa muncul sebagai masalah.

Guna mengatasi kendala tersebut, ritase.com menawarkan solusi logistik manajemen pengiriman barang melalui platform digital.

Iman Kusnadi, CEO sekaligus founder ritase.com, menyebutkan platform digital layanan manajemen transportasi berbasis mobile dan desktop ini menghubungkan pengirim barang (shipper) dengan pengantar barang (transporter) secara langsung (realtime).

Platform ritase.com dilengkapi fitur koneksi API yang bisa menyesuaikan dengan sistem penggunanya. "Ketersediaan pilihan fitur open/closed environment membuat Ritase.com juga bisa digunakan oleh perusahaan dan jasa broker transportasi yang sudah memiliki OTMS (Online Tracking and Management System) sebagai sistem manajemen vendor mereka," ujar Iman dalam keterangan tertulis, diterima Minggu (6/5/2018).

Pertimbangan pilihan keputusan manajemen transportasi tidak semata didasarkan pada persoalan biaya transportasi. Aspek lain seperti kualitas kinerja, efektivitas dan efisiensi pelayanan juga menjadi pertimbangan.

"Melalui platform ini, para pengguna bukan hanya bisa memonitor efektivitas dan efisiensi proses pengiriman barang secara detail; akan tetapi juga dapat melihat foto digital dari bukti penerimaan barang sebagai salah satu bentuk kontrol terhadap kualitas kinerja," tambah Uman.

Iman menambahkan, platform ini dilengkapi Laporan Inteligensi Bisnis, yang menampilkan laporan bisnis secara otomatis mengenai order pengiriman - mulai dari volume, armada yang dibutuhkan, persebaran order, jumlah pembayaran hingga perhitungan komersial dari sebuah proyek pengiriman barang.

"Laporan Inteligensi Bisnis ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan individual perusahaaan dan bisa langsung digunakan untuk laporan manajemen. Hal ini sangat membantu untuk meminimalkan bahkan mencegah terjadinya kesalahan dalam laporan akibat human error," papar Iman.

Berbagai peluang Return of Investment diberikan platform ini kepada berbagai pihak yang terlibat dalam pengirimin barang. Platform yang ditampilkan aplikasi ritase.com mempermudah para pengguna melakukan kontrol terhadap tingkat efektivitas dan efisiensi perjalanan. Digitalisasi dan konsolidasi data membuat pekerjaan administrasi logistik lebih terstruktur, termasuk mengurangi penggunaan telepon dan email.

"Melalui ritase.com para pemilik armada truk (transporter) bisa mengoptimalkan kapasitas kendaraan yang dimiliki untuk melakukan pengiriman barang dengan sistem yang jelas, kesepakatan yang transparan, serta berbagai kemudahan hal teknis lainnya," jelas Iman.

Ritase.com juga menyediakan pembiayaan invoice dalam waktu lebih cepat dengan bukti pengiriman digital tanpa perlu menunggu terms of payment selama berbulan-bulan.

Bagi pihak pengirim barang (shipper), platform ritase.com diklaim berguna untuk mengetahui status keberadaan barang, estimasi kedatangan barang, hingga informasi detail seluruh proses pengiriman.

Melalui fitur Load Planning pengguna bisa mengatur jadwal pengiriman sesuai dimensi dan berat barang. Menggunakan fitur Live Tracking dan Order Status, pihak pengirim barang mendapatkan kepastian status terakhir barang yang dikirim.

Para penghubung konvensional antara shipper dan transporter seperti perusahaan third/fourth-party logistics (3PL/4PL) juga dapat menggunakan platform ritase.com untuk melakukan manajemen transporter.

"Jika saat ini masih harus melakukan booking dan tracing manual ke masing-masing sub-transporter, maka 3PL/4PL bisa melakukan order kendaraan melalui web-based sistem. Penggunaan sistem ini bisa meningkatkan response time para 3PL/4PL terhadap para customer yang ingin mengetahui status dan keberadaan ordernya," urai Iman.

Ia memastikan penggunaan platform ritase.com memungkinkan pengguna menghindari berbagai potensi masalah transportasi dan logistik yang dapat terjadi. "Persoalan yang muncul dalam proses pengiriman barang juga bisa lebih cepat diselesaikan sebelum menimbulkan masalah lebih lanjut di end costumer," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper