Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JALUR MUDIK: Jalan Alternatif, Kemenhub Siapkan Data Nasional

Kementerian Perhubungan tengah mengumpulkan data-data jalan nasional sebagai upaya mempersiapkan jalur mudik alternatif selain jalan tol.
Peni Widarti
Peni Widarti - Bisnis.com 04 Mei 2018  |  20:17 WIB
Ilustrasi. - .
Ilustrasi. - .

Bisnis.com, SURABAYA - Kementerian Perhubungan tengah mengumpulkan data-data jalan nasional sebagai upaya mempersiapkan jalur mudik alternatif selain jalan tol.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pada saat momen mudik Lebaran memang prevalensi pengguna jalan tol sangat tinggi walapun belum tentu jalan tol lancar pada saat itu. Namun jalan tol bukan segalanya jadi harus dipersiapkan jalan negara sebagai alternatif.

"Kami masih punya 6 minggu lagi waktu untuk persiapan. Saya minta Selasa dirjen darat mengumpulkan data-data jalan untuk diberikan kepada PU dan kita telusuri jalan tol dan jalan biasa," katanya di sela-sela Sosialisasi Touring Mudik Lebaran Zero Acident Ride 2018 di ITS, Jumat (4/5/2018).

Selain itu, katanya, Kemehub dan jajarannya akan melakukan kegiatan cek rem kendaraan di tempat-tempat jalur mudik sebagai upaya menekan angka kecelakaan pada saat momen mudik Lebaran.

Budi menganjurkan agar masyarakat melakukan mudik Lebaran dengan menggunakan kendaraan besar atau umum dan tidak menggunakan sepeda motor untuk keselamatan.

"Mudik akan indah kalau lancar dan berkeselamatan. Kemen PU sudah bagun jalan bagus, tapi keselamatan juga harus diperhatikan," katanya.

Tahun lalu, imbuhnya, ada penurunan sampai 30% dalam upaya mencapai zero accident-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jalur mudik
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top