Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JALUR MUDIK: Jalan Alternatif, Kemenhub Siapkan Data Nasional

Kementerian Perhubungan tengah mengumpulkan data-data jalan nasional sebagai upaya mempersiapkan jalur mudik alternatif selain jalan tol.
Ilustrasi./.
Ilustrasi./.

Bisnis.com, SURABAYA - Kementerian Perhubungan tengah mengumpulkan data-data jalan nasional sebagai upaya mempersiapkan jalur mudik alternatif selain jalan tol.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pada saat momen mudik Lebaran memang prevalensi pengguna jalan tol sangat tinggi walapun belum tentu jalan tol lancar pada saat itu. Namun jalan tol bukan segalanya jadi harus dipersiapkan jalan negara sebagai alternatif.

"Kami masih punya 6 minggu lagi waktu untuk persiapan. Saya minta Selasa dirjen darat mengumpulkan data-data jalan untuk diberikan kepada PU dan kita telusuri jalan tol dan jalan biasa," katanya di sela-sela Sosialisasi Touring Mudik Lebaran Zero Acident Ride 2018 di ITS, Jumat (4/5/2018).

Selain itu, katanya, Kemehub dan jajarannya akan melakukan kegiatan cek rem kendaraan di tempat-tempat jalur mudik sebagai upaya menekan angka kecelakaan pada saat momen mudik Lebaran.

Budi menganjurkan agar masyarakat melakukan mudik Lebaran dengan menggunakan kendaraan besar atau umum dan tidak menggunakan sepeda motor untuk keselamatan.

"Mudik akan indah kalau lancar dan berkeselamatan. Kemen PU sudah bagun jalan bagus, tapi keselamatan juga harus diperhatikan," katanya.

Tahun lalu, imbuhnya, ada penurunan sampai 30% dalam upaya mencapai zero accident-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper