Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IATA: Laju Pertumbuhan Pasar Kargo Udara Global Melambat

Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) pada Rabu (2/5/2018) mengatakan, pasar kargo udara global menunjukkan permintaan pada Maret adalah lima persentase poin lebih rendah dari hasil Februari, dan merupakan laju pertumbuhan paling lambat dalam 22 bulan.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Mei 2018  |  16:08 WIB
IATA: Laju Pertumbuhan Pasar Kargo Udara Global Melambat
Pesawat kargo - Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JENEWA -  Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA) pada Rabu (2/5) mengatakan, pasar kargo udara global menunjukkan bahwa permintaan pada Maret adalah lima persentase poin lebih rendah dari hasil Februari, dan merupakan laju pertumbuhan paling lambat dalam 22 bulan.

IATA mengatakan pelambatan pertumbuhan yang tajam terutama disebabkan oleh berakhirnya siklus "restocking" (penyetokan ulang), di mana perusahaan-perusahaan dengan cepat meningkatkan persediaan mereka untuk memenuhi permintaan tinggi yang tak terduga dan memperingatkan bahwa tindakan proteksionis perdagangan dapat memiliki efek di kemudian.

Pelemahan perdagangan global juga terbukti, kata IATA.

"Itu normal bahwa pertumbuhan melambat pada akhir siklus restocking. Itu jelas telah terjadi. Ke depan kami tetap optimis bahwa permintaan kargo udara akan tumbuh 4-5 persen tahun ini, tetapi jelas ada beberapa tantangan," kata Alexandre de Juniac, Direktur Jenderal dan CEO IATA.

Dia mencatat bahwa harga minyak telah meningkat secara kuat, dan pertumbuhan ekonomi tidak merata.

"Kerusakan terbesar bisa menjadi bersifat politis. Pelaksanaan langkah-langkah proteksionis akan menjadi tujuan sendiri bagi semua yang terlibat - terutama AS dan Tiongkok," de Juniac mengatakan.

Semua wilayah kecuali Amerika Latin melaporkan penurunan tahun-ke-tahun dalam pertumbuhan pada Maret, dengan Afrika di wilayah negatif.

Operator-operator Asia-Pasifik melaporkan pertumbuhan yang menakutkan hanya sekitar 0,7 persen pada Maret dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Pesanan ekspor di Jepang dan Korea Selatan telah jatuh dalam beberapa bulan terakhir dan kawasan itu tetap terkena dampak tindakan proteksionis, kata IATA.

Volume pengangkutan kargo operator Amerika Utara meningkat 3,9 persen dibandingkan Maret 2017. Rasio persediaan terhadap penjualan AS telah meningkat pada 2018, menunjukkan dorongan untuk pertumbuhan kargo dari restocking telah berakhir.

Maskapai-maskapai penerbangan Eropa naik 1,0 persen pada Maret dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu. Mata uang euro yang lebih kuat dan pelemahan pesanan ekspor di Jerman sebagian menjelaskan penyebabnya, tetapi tren yang disesuaikan secara musiman telah melambat dalam beberapa bulan terakhir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kargo udara

Sumber : ANTARA/Xinhua

Editor : Martin Sihombing
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top