Airbus Ultra Long Range Siap Mengudara Pertengahan Tahun Ini

Airbus A350 XWB Ultra Long Range yang diklaim mampu melakukan penerbangan lebih jauh dibandingkan dengan pesawat komersil lain, berhasil menyelesaikan terbang perdana dan beroperasi pada pertengahan 2018
Rio Sandy Pradana | 24 April 2018 20:04 WIB
Pesawat Boeing 787-10 milik maskapai Singapore Airlines tiba di Bandar Udara Changi Singapura, Rabu (28/3). Pesawat tersebut produksi pabrik di North Charleston, South Carolina. - JIBI/Saeno Abdi

Bisnis.com, JAKARTA--Airbus A350 XWB Ultra Long Range yang diklaim mampu melakukan penerbangan lebih jauh dibandingkan dengan pesawat komersial lain, berhasil menyelesaikan terbang perdana dan siap beroperasi pada pertengahan 2018.

Dalam keterangan resmi yang diperoleh Bisnis, Selasa (24/4/2018), Juru Bicara Airbus mengatakan pesawat tersebut akan mulai beroperasi bersamaan dengan peluncuran operator Singapore Airlines pada semester II/2018.

Dilengkapi dengan mesin Rolls-Royce Trent XWB, pesawat ini telah melalui rangkaian tes penerbangan pendek untuk sertifikasi perubahan bagi varian A350-900 standar yang akan meningkatkan kapabilitas jangkauannya menjadi 9.700 mil laut.

Perubahan-perubahan ini juga mencakup sistem bahan bakar yang telah dimodifikasi untuk meningkatkan kapasitas angkut bahan bakar hingga 24.000 liter tanpa tangki tambahan. Fase tes ini juga akan mengukur peningkatan kinerja dari penyempurnaan aerodinamis, termasuk perpanjangan winglet.

Pesawat yang memiliki berat lepas landas maksimum (maximum take-off weight, MTOW) 280 ton ini dapat terbang selama 20 jam non-stop, menggabungkan tingkat kenyamanan yang tinggi bagi penumpang dan kru dengan biaya paling hemat untuk jarak tersebut.

Pesawat A350 XWB merupakan keluarga pesawat lorong ganda untuk penerbangan jarak jauh. Pesawat ini memiliki fitur-fitur seperti desain aerodinamis mutakhir, badan dan sayap pesawat berbahan karbon fiber, serta mesin terbaru dari Rolls Royce yang hemat bahan bakar.

Secara keseluruhan, teknologi-teknologi mutakhir ini menciptakan tingkat efisiensi operasional yang tak tertandingi dengan 25 persen pengurangan dalam pembakaran bahan bakar dan emisi, serta biaya pemeliharaan yang secara signifikan lebih rendah.

Pesawat A350 XWB menampilkan kabin Airspace by Airbus yang menawarkan kenyamanan mutlak dalam pesawat dengan kabin lorong ganda paling sunyi serta sistem pengondisian udara dalam kabin yang baru.

Pada akhir Maret 2018, Airbus telah mencatat total 854 pesanan untuk A350 XWB dari 45 pelanggan di seluruh dunia, menjadikannya salah satu pesawat lorong ganda yang paling sukses.

Singapore Airlines merupakan salah satu pelanggan terbesar keluarga pesawat A350 XWB dengan total pesanan 67 pesawat A350-900, termasuk di dalamnya 7 pesawat jenis Ultra Long Range. Maskapai ini telah menerima 21 pesawat A350-900.

Tag : airbus, singapore airlines
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top