Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jelang Implementasi Online Single Submission, Ternyata Masih Ada Daerah yang Belum Membentuk Satgas

Bisnis.com, JAKARTA Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian merilis kesiapan implementasi online single submission (OSS) yang dijadwalkan akan langsung diresmikan Presiden Joko Widodo pada April 2018.
Ipak Ayu H Nurcaya
Ipak Ayu H Nurcaya - Bisnis.com 08 Maret 2018  |  18:33 WIB
Ilustrasi - bptpm.dumaikota.go.id/.jpg
Ilustrasi - bptpm.dumaikota.go.id/.jpg

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian merilis kesiapan implementasi online single submission (OSS) yang dijadwalkan akan langsung diresmikan Presiden Joko Widodo pada April 2018.

Hasilnya, dari total 34 provinsi yang ada di Indonesia, 30 provinsi sudah merampungkan pembentukan satuan tugas atau satgas pendukung OSS dan sisa 4 daerah belum membentuk. Sementara itu, dari 514 Kabupaten/Kota, baru 211 yang sudah membentuk, sisanya 303 belum.

Staff Khusus Menteri Koordinator bidang Perekonomian Edy Putra Irawady mengatakan, sebenarnya pemerintah memberikan tenggat hingga akhir Februari untuk pembentukan satgas pendukung di tingkat daerah tersebut. Namun, sejumlah kendala masih menghambat penyelesaian daerah dalam membentuk satgas.

"Analisis kami sekarang banyak daerah yang lebih fokus pilkada, lalu ketidakpahaman dengan sistem OSS, dan kesiapan soft infrastruktur yang belum memadai dalam daerahnya," katanya, Kamis (8/3/2018).

Edy mengemukakan, untuk itu ke depan pemerintah akan menyiapkan skema insentif dan disinsentif bagi daerah yang serius menjalankan sistem ini. Skema insentif itu akan dalam bentuk fiskal sehingga wewenang penyusunan dan pemberian nantinya diserahkan penuh kepada Kementerian Keuangan.

Sementara itu, pemberian sanksi akan dijalankan dalam berbagai bentuk, misalnya sanksi administrasi. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh pembantunya agar implementasi OSS bisa rampung pada Akhir bulan ini sehingga bisa diluncurkan pada April 2018.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

online single submission
Editor : Achmad Aris

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top