Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Marunda Center Terminal Siap Rektut Lulusan STIP

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menjalin kerja sama penyelenggaraan praktek darat taruna dan rekrutmen dengan PT Pelabuhan Tegar Indonesia (PTI) selaku pengelola Marunda Center Terminal.
Ilustrasi/STIPJakarta
Ilustrasi/STIPJakarta

Bisnis.com, JAKARTA -- Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menjalin kerja sama penyelenggaraan praktek darat taruna dan rekrutmen dengan PT Pelabuhan Tegar Indonesia (PTI) selaku pengelola Marunda Center Terminal.

Ketua STIP, Capt. Sahattua P. Simatupang mengatakan program studi yang terlibat dalam kerja sama dengan MCT adalah program studi Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan. "Ini unik karena biasanya yang sering kerja sama itu untuk Nautika dan Teknika," jelasnya dalam siaran pers yang dikutip Bisnis.com, Kamis (1/3/2018).

Dia menambahkan, pihaknya mengapresiasi MCT yang dinilai responsif dalam menjalin kerja sama dengan STIP. Sebelumnya, STIP menjajaki kerja sama serupa dengan pengelola terminal lain di Indonesia.

Direktur Utama PTI, Dhrubajyoti Das mengatakan MCT merupakan pelabuhan pertama yang dikelola oleh swasta dan mencatat perkembangan yang pesat. Dia menyebut, fase pertama MCT selesai di 2014 dan tahap lanjutan baru rampung pada Agustus 2017 lalu. "Namun infrastruktur ini bukan segalanya, kita perlu softskill, manajement skill," jelas Das.

Berdasarkan keterangan dari lama resmi MCT, pelabuhan ini memiliki 12 dermaga dengan panjang keseluruhan 1.620 meter. Dermaga bisa menjadi sandaran kapal berukuran 40.000 DWT dengan kedalaman hingga -9,5 di bawha permukaan air laut.

Dia menuturkan, kerja sama dengan STIP memungkinkan para karyawan MCT belajar dari taruna STIP di samping para taruna STIP belajar praktik di MCT. Das berharap kerja sama dengan STIP membuat MCT bisa lebih banyak merekrut lulusan STIP.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rivki Maulana

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper