Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Proyek Reklamasi CitraLand City Losari Makassar Tahap I Rampung

Ciputra Group telah memasuki tahap penyelesaian pengerjaan proyek reklamasi CitraLand City Losari Makassar tahap pertama seluas 100 ha. Tahap kedua seluas 57 ha akan menyusul setelah tahap pertama itu selesai.
Reklamasi Pantai Losari Makassar
Reklamasi Pantai Losari Makassar

Bisnis.com, JAKARTA—Ciputra Group telah memasuki tahap penyelesaian pengerjaan proyek reklamasi CitraLand City Losari Makassar tahap pertama seluas 100 ha. Tahap kedua seluas 57 ha akan menyusul setelah tahap pertama itu selesai.

Managing Director Ciputra Grup Harun Hajadi mengatakan secara mendasar pengerjaan reklamasi  bisa dikatakan rampung 100% untuk pembangunan tahap pertama. Perusahaan memang mengejar dan fokus pada penyelesaian 50 ha yang harus diserahkan kepada Pemerintah provinsi setempat untuk tempat publik.

“Pembuatan pasir putih untuk  kepentingan publik yang kami janjikan untuk masyarakat Makassar, sudah hampir selesai, saat ini hanya finishing saja,”katanya kepada Bisnis Kamis (1/3).

Harun menuturkan Ciputra memutuskan mengarap proyek reklamasi setelah melihat lokasi dan pasar yang potensial di Makassar. Namun dia tak menampik bahwa sebagai proyek besar, reklamasi memang banyak tantangannya, terutama sarat dengan perizinan yang lebih berlapis-lapis menuntut untuk dilengkapi.

Namun perusahaan menyikapi secara positif bahwa proyek ini juga menjadi kesempatan bagi Cipura untuk membangun proyek secara masif di sana. Dengan selesainya pengerjaan reklamasi, perusahaan juga akan bisa memasarkan produk dengan lebih efektif.

Ciputra telah menggelotorkan dana senilai Rp2,35 triliun bagi pengerjaan proyek reklamasi saja dan belum termasuk untuk investasi pengembangan properti di sana. Menurut rencana properti yang akan dikembangkan adalperumahan, apartment, Ciputra World Makassar (apartment, mall, hotel dan SOHO), Universitas, Sekolah, hotel, marina, tempat rekreasi, public park, pasar, dan lainnya.

Proyek CPI merupakan bagian dari rancangan induk Kawasan Bisnis Global Terpadu seluas 1.000 hektare. Dari total 157 hektare, 30% atau 50 hektare akan didedikasikan untuk Pemprov Sulawesi Selatan untuk dibangun beberapa obyek penting seperti, Wisma Negara, Masjid, Museum, Ruang Terbuka Hijau, Menara, dan Coral Center.

Adapun, di wilayah seluas 107 hektare akan dikembangkan menjadi kota modern baru terintegrasi yakni CitraLand City Losari Makassar yang terdiri dari area permukiman dan area komersial (pusat belanja, hotel bintang lima, apartemen, perkantoran, dan lain-lain).

Selain itu ada juga perguruan tinggi, taman rekreasi, taman lingkungan dan marina. Sedangkan sebagai sarana transportasi akan dibangun Parade Street dan Parade Waterway, Marinas, New Losari Longbeach dan Losari Integrated Canal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper