Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Holding BUMN Pertambangan, Konsolidasi Butuh Waktu 3 Bulan

Kementerian BUMN menyatakan butuh waktu sekitar 3 bulan bagi PT Inalum (Persero) untuk berkonsolidasi dengan seluruh anggota holding BUMN pertambangan.
Lucky Leonard
Lucky Leonard - Bisnis.com 04 Desember 2017  |  14:15 WIB
PTBA. - Bisnis.com
PTBA. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian BUMN menyatakan butuh waktu sekitar 3 bulan bagi PT Inalum (Persero) untuk berkonsolidasi dengan seluruh anggota induk usaha (holding) BUMN pertambangan.

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengatakan bahwa konsolidasi tersebut diperlukan untuk menentukan rencana jangka panjang dari holding BUMN pertambangan.

"Inalum akan berkonsolidasi dengan tiga BUMN terkait rencana jangka panjang seperti apa. Kira-kira perlu 3 bulan berkonsolidasi," katanya di kantor Kementerian BUMN, Senin (4/12/2017).

Tiga BUMN yang dimaksud adalah PT Antam Tbk., PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), dan PT Timah Tbk.. Masing-masing perusahaan tersebut baru saja melepas status perseronya setelah menjadi anak usaha Inalum sebagai holding BUMN pertambangan.

Setidaknya ada tiga tujuan pembentukan holding tersebut. Pertama, untuk menguasai cadangan sumber daya minerba yang besar di Indonesia.

Kedua, untuk mendorong penghiliran mineral guna memberikan nilai tambah. Ketiga, untuk menjadi perusahaan kelas dunia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

holding bumn
Editor : Sepudin Zuhri
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top