Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gunung Agung Erupsi : Sedikitnya 4.538 Penumpang Keluar dari Bali

Terdapat 4.538 penumpang berangkat keluar Bali, yang terdiri dari 3.275 penumpang internasional dan 1.263 penumpang domestik.
Wisatawan mancanegara menunggu keberangkatan pesawat, di bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11)./Bloomberg-Putu Sayoga
Wisatawan mancanegara menunggu keberangkatan pesawat, di bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Selasa (28/11)./Bloomberg-Putu Sayoga

Bisnis.com, JAKARTA – Terdapat 4.538 penumpang berangkat keluar Bali, yang terdiri dari 3.275 penumpang internasional dan 1.263 penumpang domestik.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi mengatakan, 4.538 penumpang tersebut terhitung sejak Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dibuka kembali untuk beroperasi pada Rabu (29/11) pukul 14.28 WITA, hingga pukul 07.00 WITA Kamis (30/11)

Israwadi mengatakan sejak bandara ini dibuka, jumlah penumpang yang mendarat di Bali yaitu sebanyak 265 penumpang yang terdiri dari 51 penumpang internasional dan 214 penumpang domestik.

Dia pun mengakui sejak pagi tadi terdapat kepadatan calon penumpang penerbangan internasional yang melakukan proses check-in.

“Namun kondisi tersebut berlangsung tertib, lancar, dan terkendali. Kami terus memantau dan berupaya untuk mengelola kepadatan tersebut agar proses berangkat dan datang penumpang pasca-dibukanya Bandara Bali dapat berjalan lancar,” kata Israwadi melalui siaran pers, Kamis (30/11).

Hingga saat ini, terkait data pemulihan penerbangan, pasca-pembukaan kembali Bandara Bali terdapat 25 permohonan penerbangan ekstra di luar penerbangan reguler, yang terdiri dari 17 penerbangan internasional dan 8 penerbangan domestik.

Maskapai yang mengajukan permohonan penerbangan ekstra internasional yaitu Jetstar dengan 4 penerbangan, Jetstar Asia 1 penerbangan, Qantas dengan 2 penerbangan, China Eastern dengan 2 penerbangan, KLM Royal Dutch dengan 1 penerbangan, Virgin Australia dengan 2 penerbangan, Xiamen dengan 1 penerbangan, Korean Air dengan 1 penerbangan, Tiger Air 1 penerbangan, China Southern dengan 2 penerbangan.

Sementara itu maskapai yang mengajukan 8 permohonan penerbangan ekstra domestik yaitu Sriwijaya Air sebanyak 2 penerbangan, Garuda Indonesia sebanyak 4 penerbangan, Batik Air dengan 1 penerbangan, Citilink sebanyak 1 penerbangan.

Ditutupnya kembali Bandara Lombok pukul 10.37 WITA Kamis (30/11) ini akibat sebaran abu vulkanik yang mulai menutupi wilayah udara Pulau Lombok, berdampak pada pembatalan 69 penerbangan dari dan menuju Lombok yang terdiri dari 67 penerbangan domestik dan 2 penerbangan internasional.

Jika dihitung sejak Senin (27/11) hingga Kamis (30/11), kata Israwadi, maka terdapat pembatalan total 166 penerbangan di mana pada Senin (27/11) terdapat pembatalan 47 penerbangan, Selasa (28/11) terdapat pembatalan 36 penerbangan, dan Rabu (29/11) terdapat pembatalan 14 penerbangan.

Adapun maskapai yang melakukan pembatalan penerbangan keberangkatan domestik pada Kamis (30/11) ini yaitu Garuda Indonesia dengan 11 penerbangan, Citilink ada 3 penerbangan, Lion Air dengan 10 penerbangan, Wings Air dengan 4 penerbangan, Batik Air dengan 4 penerbangan.

Sementara itu maskapai yang membatalkan penerbangan kedatangan domestik yaitu Garuda Indonesia dengan 11 penerbangan, Citilink dengan 3 penerbangan, Lion Air dengan 17 penerbangan, Batik Air dengan 4 penerbangan. Sedangkan maskapai yang membatalkan penerbangan internasional adalah Air Asia.

Menurut Israwadi, untuk memfasilitasi calon penumpang yang gagal berangkat, AP I Cabang Bandara Lombok bersama Dinas Pariwisata setempat dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, berkomitmen untuk memberikan diskon hotel sebesar 20%-30% kepada calon penumpang.

“Angkasa Pura I berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan kepada calon penumpang, terutama pada saat terjadinya force majeur,” kata Israwadi.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper