Kampus Transportasi Pertama di Kalimantan Segera Beroperasi

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan bakal memulai kursus singkat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Mempawah, Kalimatan Barat pada 2018. Hal ini sekaligus menandai kegiatan pelatihan di kampus transportasi di Kalimantan tersebut.
Rivki Maulana | 27 November 2017 20:13 WIB
Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Mempawah, Kalimatan Barat - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan bakal memulai kursus singkat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Mempawah, Kalimatan Barat pada 2018. Hal ini sekaligus menandai kegiatan pelatihan di kampus transportasi di Kalimantan tersebut.

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Senin (27/11/2017), diklat yang digelar di BP2TD Mempawah meliputi Diklat Lalu Lintas Tingkat Pimpinan, Diklat Dasar Orientasi LLAJ, dann Diklat Dasar Orientasi LLASDP. Selanjutnya Diklat Pengelola Terminal Angkutan, Diklat Manajemen Operasi UPPKB, Diklat Teknis Kalibrasi Alat Uji, dan Diklat Penyegaran Lulusan Transportasi Darat.

BP2TD Mempawah merupakan Lembaga Diklat milik Kemenhub pertama yang dibangun di pulau Kalimantan. Kampus yang berdiri di lahan seluas 20 hektar ini dibangun sejak tahun 2012 dan beroperasi tahun ini lewat payung hukum Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 47 Tahun 2017.

Kepala BPSDMP Djoko Sasono bakal memimpin Upacara Pengantar Tugas untuk pegawai Kemenhub yang ditugaskan di BP2TD Mempawah, Selasa (28/11/2017). Upacara ini merupakan tradisi yang digelar pada unit pelaksana teknis (UPT) baru yang bertujuan memberikan pengarahan dan pemahaman tentang program UPT tersebut.

Untuk diketahui, Kalimantan adalah pulau dengan seribu sungai sehingga moda angkutan sungai menjadi modal transportasi penting di pulau ini. Maka, kebutuhan sumber daya manusia yang ahli di bidang transportasi angkutan sungai, danau, dan penyeberangan akan sangat penting.

Oleh karena itu BP2TD Mempawah diharapkan mampu menggali potensi SDM di wilayah Kalimantan dan sekitarnya untuk menyokong pemenuhan SDM Transportasi yang kompeten. “BPSDMP terus meningkatkan kualitas lulusan guna memenuhi kebutuhan SDM transportasi yang nantinya menjalankan fungsi infrastruktur yang sedang gencar dibangun,” ujar Djoko Sasono.

Hingga saat ini, Kemenhub memiliki 27 UPT yang berada di bawah BPSDMP, tersebar dari Aceh hingga Papua. UPT tersebut terdiri dari 6 UPT matra darat, 12 UPT matra laut, 8 UPT matra udara, dan 1 UPT pembangunan karakter. 

Dalam rangka peningkatan daya saing dan kompetensi masyarakat Indonesia, sejak tahun 2016 BPSDMP menyelenggarakan program Diklat Pemberdayaan Masyarakat. Untuk tahun 2018 disiapkan kuota 100.000 diklat vokasi bidang transportasi tanpa dipungut biaya.

Tag : kemenhub
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top